Dark
Light

5 Inovasi Komunikasi di Samsung Galaxy yang Harus Diketahui

by
3 mins read
June 11, 2024

Menjadi salah satu perusahaan teknologi terdepan, terutama untuk urusan smartphone membuat Samsung terus menghadirkan inovasi di setiap produk barunya. Salah satu lini inovasi yang sering dilewatkan adalah pada komunikasi terutama kesetaraan akses, dan Samsung memberikan perhatian pada aspek ini.

Samsung memahami pentingnya kesetaraan akses sebagai hak bagi setiap orang, khususnya untuk tetap terkoneksi dalam berkomunikasi. Maka dari itu jajaran smartphone Galaxy series terus mendapatkan teknologi-teknologi baru untuk memberikan pengalaman komunikasi lebih baik.

Ada beberapa inovasi unik yang telah disematkan oleh Samsung di smartphone Galaxy yang mungkin terlewat oleh para penggunanya. Berikuat adalah 5 ragam fitur komunikasi smartphone Samsung yang inovatif.

Mode Relumino

Dapat menjangkau pengguna yang lebih luas merupakan salah satu tujuan inovasi Samsung, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan. Maka dari itu Samsung menghadirkan Mode Relumino yang akan membantu dan memudahkan pengguna dengan penglihatan terbatas.

Mode Relumino mampu meningkatkan visibilitas teks dan gambar di layar perangkat. Fitur ini bekerja dengan meningkatkan level kontras dan kecerahan layar serta ketajaman outline dan bentuk objek pada gambar. Jadi, pengguna dapat lebih mudah melihat konten pada perangkat mereka.

Mode Relumino adalah hasil dari penelitian dan pengembangan selama bertahun-tahun yang menjadi bagian dari upaya berkelanjutan perusahaan dalam menyediakan “Screens for All” dan meningkatkan pengalaman menonton bagi mereka yang memiliki penglihatan terbatas.

Fitur ini dapat diaktifkan melalui Pengaturan -> Accessibility/Aksesbilitas. Mode Relumino ini berada di pilihan ‘Vision enchancements‘ yang bisa diaktifkan dengan mudah. Sayangnya, fitur ini untuk saat ini baru ini tersedia di Galaxy S24 Series.

Fitur TalkBack

Selain Relumino, pengguna dengan keterbatasan penglihatan sekaligus penyandang disabilitas tunanetra dapat memanfaatkan fitur Voice Assistant yang sudah tersedia. Fitur yang diberi nama TalkBack ini membuat pengguna dapat menggunakan smartphone tanpa melihat layar.

Fitur ini akan mengubah smartphone dan tablet Galaxy menjadi antarmuka audio yang intuitif. Saat pengguna menavigasikan perangkatnya, TalkBack akan memberikan feedback berupa ucapan dari apa pun yang mereka sentuh, sorot, atau pilih, seperti menu, email, serta notifikasi.

Agar semakin personal, pengguna juga bisa menambahkan shortcut untuk TalkBack agar lebih mudah diakses. Sedangkan navigasi smartphone nantinya akan diganti dengan gestur sederhana yang familiar, seperti Usap Kiri, Tap 2 kali, hingga Gunakan Dua Jari untuk scroll.

Live Captions

Para pengguna yang memiliki gangguan pendengaran juga masih dapat menikmati berbagai konten yang ada di Samsung Galaxy dengan mudah lewat bantuan Live Captions. Seperti pada layanan video, fitur ini akan mentranskripsi audio yang diputar secara real-time.

Dengan Live Captions, pengguna bisa menikmati video, podcast, panggilan telepon, video call, hingga pesan suara dengan lebih baik. Live Captions tersedia dalam Bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Hindi, Italia, Jepang, Spanyol, namun sayangnya Bahasa Indonesia masih belum tersedia.

Sama seperti fitur-fitur sebelumnya, Live Captions juga tersedia di pengaturan Accessibility, namun berada di pilihan ‘Hearing enhancement’. Selain Live Caption, ada juga fitur pembantu lain seperti ‘Real Time Text’ dan ‘Live Transcribe’ yang bisa digunakan.

Ambient Sound (Galaxy Buds)

Bagi para pengguna smartphone Samsung beserta Galaxy Buds2 Pro juga dapat memanfaatkan fitur Ambient Sound. Fitur ini dapat menyesuaikan kebisingan di lingkungan sekitar pengguna pada 5 tingkat amplifikasi untuk berbagai kebutuhan dan situasi.

Dengan fitur ini, para pengguna dapat menyesuaikan pengalaman mendengar mereka. Terutama untuk membuat percakapan lebih jelas saat di luar ruangan, hingga memungkinkan pengguna berinteraksi dengan nyaman dan tetap awas terhadap lingkungan sekitar.

Pengatuaran Ambient Sound ini juga memiliki beberapa kostumisasi. Pengguna dapat mengatur tingkat suara ambient untuk setiap sisi, hingga mengatur tone suara yang akan dihasilkan oleh pengaturan ambient sound tersebut.

Universal Gestures (Galaxy Watch)

Selain Galaxy Buds, perangkat Samsung lain yang juga mendapatkan fitur bantuan ini juga tersedia untuk smartwatch Galaxy Watch. Dengan fitur Universal Gestures ini Samsung menawarkan cara inovatif untuk menggunakan Galaxy Watch tanpa menyentuhnya.

Ada empat gestur intuitif yang dapat dibaca, yaitu Buat Genggaman, Buat Genggaman 2x, Mencubit, dan Mencubit 2x. Keempat gestur tersebut dapat digunakan untuk menavigasi smartphone, membuka aplikasi, hingga mengecek pesan yang masuk tanpa menyentuh layar sekalipun.

Samsung terus berkontribusi menciptakan masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan lewat inovasi dan kolaborasi terbuka. Maka dari itu, Samsung akan terus mengambil langkah nyata dalam menghadirkan fitur aksesibilitas ke berbagai perangkat sehingga lebih banyak orang dapat menikmati pengalaman menggunakan produk Galaxy.

Event #HappyWithGalaxyAI

Sejak diluncurkan pada Januari lalu, Samsung Galaxy S24 Series telah memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya lewat Galaxy AI. Sebagai bentuk apresiasi, Samsung mengundang para pengguna Galaxy S24 Series untuk berbagi pengalaman mereka menggunakan Galaxy AI .

Lewat event #HappyWithGalaxyAI, para pengguna dapat membagikan pengalaman terbaiknya menggunakan Galaxy AI. Konten pengalaman terbaik nantinya bisa mendapatkan berbagai hadiah menarik dari Samsung, mulai dari tablet, smartwatch, hingga TWS Samsung.

Yang harus dilakukan adalah:

  • Buat konten kreatif bertema POV pengalamanmu saat menggunakan fitur Galaxy AI favorit di Galaxy S24 Series
  • Unggah konten yang sudah dibuat ke media sosialmu (Instagram, TikTok, X)
  • Sertakan hashtag #HappyWithGalaxyAI, #GalaxyS24, dan #GalaxyAI pada caption.
  • Kemudian mention @samsungindonesia di Instagram/Tiktok, dan @samsungID di X

Event ini berlangsung mulai tanggal 5 hingga 24 Juni 2024 mendatang. Pemenang akan diumumkan setiap minggunya melalui akun media sosial Samsung Indonesia dan Samsung Members. Para pemenang akan mendapatkan total 20 hadiah mingguan berupa produk Samsung yaitu Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9+, Galaxy Watch6, dan Galaxy Buds2 Pro.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman resmi Samsung.

Previous Story

WWDC 2024: Fitur-Fitur AI Baru dari Apple dan Siri 2.0

Next Story

Google Luncurkan NotebookLM, Asisten AI untuk Riset dan Penulis

Latest from Blog

Don't Miss

Pre-Order Dibuka, Ini Alasan OPPO A3 Pro 5G Harus Kalian Miliki

Sebagai salah satu brand smartphone paling laris di Indonesia, kehadiran

Realme GT 6 Resmi Meluncur di Indonesia, Bawa Jargon “AI Flagship Killer”

Setelah dinanti sekian lama, akhirnya realme Indonesia membawa kembali seri