Dark
Light

Tim Overclocker ASUS Pecahkan Rekor dengan Motherboard ROG

by
1 min read
January 18, 2023
Tim overclocker ASUS ROG pecahkan rekor

Salah satu hal yang selalu dikejar oleh para overclocker adalah melampaui batasan yang ada sebelumnya. Sama halnya dengan tim overclocker dari ASUS Republic of Gamers (ROG) yang akhirnya mencetak rekor dunia baru.

Dalam percobaan terakhirnya, tim bernama Apex ini berhasil memacu performa dari prosesor Intel Core i9-13900K terbaru hingga melewati batasan 9 GHz. Lebih akuratnya adalah 9,008 GHz.

Pencapaian ini menandai rekor frekuensi CPU kedua yang ditetapkan oleh overclocker ASUS dalam waktu kurang dari tiga bulan. Sebelumnya, mereka berhasil memacu prosesor Intel generasi ke-13 tersebut hingga 8,8 GHz.

Untuk mencapai rekor barunya, tim Apex ASUS menggunakan motherboard ROG Maximus Z790 Apex dengan prosesor Intel Core i9 -13900K. Untuk menjaga suhunya, mereka menggunakan liquid nitrogen dan bahkan liquid helium.

Image Credit: ASUS ROG

Karena permintaan konduktivitas pendinginan liquid helium (LHe) yang tinggi, mereka memutuskan untuk menggunakan thermal paste ThermalRight TFX untuk memaksimalkan transfer panasnya.

Hebatnya, baik CPU Intel Core i9-13900K dan motherboard ROG Maximus Z790 Apex ini sama-sama mampu mempertahankan kinerja yang konsisten bahkan pada suhu ekstrem -250° C.

Dengan suhu yang ekstrem seperti itu, tim Apex ASUS membangun mod unik yaitu sebuah hand trigger sebagai kontrol Slow Mode. Alat ini memungkinkan mereka dapat tetap berada di tempat yang jauh tetapi juga dapat menggeser sistem ke frekuensi yang aman dengan cepat selama proses masih berlangsung.

Meskipun telah memiliki komponen dan alat overclocking terbaik yang dapat ditawarkan, namun usaha pemecahan rekor ini bukan tanpa kendala. Karena sejak awal waktu yang dimiliki untuk pemecahan rekor tersebut hanya satu jam saja.

Selain itu, di tengah prosesnya, mereka mendapatkan tekanan yang berat ketika port USB untuk keyboard-nya membeku. Sehingga mereka harus mengulang proses sekaligus membuang waktu yang berharga.

Setelah melalui beberapa keputusan yang berat, pertaruhannya menjadi sangat tinggi: tim memiliki liquid helium yang hanya cukup untuk satu kali percobaan lagi. Untungnya, keputusan besar tersebut berbuah manis karena mereka berhasil memecahkan rekor 9 GHz.

Rekor ini masuk ke dalam daftar panjang pencapaian overclocking yang ditetapkan oleh tim overclocker ASUS. ROG Maximus Z790 Apex sekarang juga telah digunakan untuk mencapai 14 rekor dunia dan 29 skor peringkat pertama global.

Capaian tersebut mengamankan posisinya sebagai motherboard yang memenangkan overclocking prosesor Intel Generasi ke-13. Untuk daftar lengkap peringkat overclock menggunakan motherboard ASUS ROG Maximus Z790 Apex dapat dilihat di sini.

burnout esports
Previous Story

Latihan Terlalu Keras Bisa Berikan Dampak Buruk ke Atlet Esports

Samsung Unpacked 2023
Next Story

Samsung Buka 29 Pameran Interaktif Galaxy Experience Space Pada Unpacked 2023

Latest from Blog

Don't Miss

ASUS Luncurkan Jajaran Motherboard Baru untuk AMD Ryzen 9000 Series

Di awal bulan Oktober 2024 ini, ASUS secara resmi meluncurkan

ASUS ROG Resmi Umumkan Keyboard dan Mouse Gaming Baru

ASUS Republic of Gamers atau ROG memang menjadi salah satu