Memasuki April 2022, seperti biasa, Hybrid.co.id membuat daftar turnamen esports terpopuler pada Maret 2022. Dari lima turnamen esports yang masuk dalam daftar, dua di antaranya merupakan liga Mobile Legends nasional. Sementara itu, tiga kompetisi esports lainnya mengadu game yang berbeda-beda, yaitu League of Legends, Free Fire, dan PUBG Mobile.
Berikut lima kompetisi esports terpopuler pada Maret 2022, menurut Esports Charts.
5. PMPL ID Spring 2022
PUBG Mobile Pro League Indonesia (PMPL ID) Spring 2022 dimulai pada 23 Maret 2022. Sampai saat ini, total airtime dari kompetisi tersebut mencapai 54 jam. Sementara jumlah views yang didapat mencapai 19,5 juta views dan jumlah hours watched 5,3 juta jam. Rata-rata, jumlah penonton dari PMPL ID Spring 2022 adalah 98,7 ribu orang. Dan pada puncaknya, jumlah penonton dari kompetisi tersebut mencapai 306,9 ribu orang.
PMPL ID Spring 2022 disiarkan di tiga platform streaming, yaitu YouTube, Facebook, dan Nimo TV. Dari ketiga platform itu, Nimo TV menjadi platform streaming favorit fans PMPL ID, diikuti oleh YouTube. Jumlah peak viewers dari Nimo TV mencapai 167,1 ribu, sementara YouTube 122,3 ribu. Di YouTube, PMPL ID Spring 2022 mendapatkan 13,4 juta views dengan 191,3 ribu likes. Mengingat PMPL ID Spring 2022 adalah liga nasional Indonesia, tidak heran jika siaran dalam Bahasa Indonesia menjadi siaran paling populer, dengan jumlah peak viewers sebanyak 280,4 ribu orang.
4. MPL PH Season 9
Dengan jumlah peak viewers sebanyak 455,8 ribu orang, Mobile Legends Professional League Philippines (MPL PH) Season 9 berhasil duduk di peringkat 4 dalam daftar turnamen esports terpopuler di Maret 2022. Sejauh ini, pertandingan yang berhasil menarik paling banyak penonton adalah pertandingan antara Omega Philippines Esports dan Nexplay EVOS pada minggu ke-3, hari ke-2.
Dimulai pada 18 Februari 2022, MPL PH S9 telah disiarkan selama 110 jam. Total hours watched yang didapatkan oleh kompetisi itu mencapai 14,1 juta jam, sementara total views yang diperoleh adalah 79,7 juta views. Rata-rata, jumlah penonton dari MPL PH S9 mencapai 128,5 ribu orang. Sementara di YouTube, liga nasional Mobile Legends tersebut mendapatkan 33,8 juta views dan 240,1 ribu likes.
MPL PH S9 disiarkan di tiga platform. Facebook Gaming menjadi platform paling populer, dengan jumlah peak viewers mencapai 218 ribu orang. YouTube ada di posisi ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 210,9 ribu orang dan Tik Tok ada di posisi ke-3, dengan jumlah peak viewers 40,3 ribu orang.
3. Free Fire League Latinoamerica 2022 Opening
Free Fire League Latinoamerica 2022 Opening dimulai pada 15 Januari 2022 dan berakhir pada 28 Maret 2022. Pada puncaknya, Ronde 1 dari babak grand finals berhasil menarik penonton sebanyak 461,1 ribu, menjadikan babak tersebut sebagai pertandingan paling populer sepanjang Free Fire League Latinoamerica. Selain ronde pertama, empat ronde lain dalam babak grand finals juga berhasil menjaring ratusan ribu penonton.
Free Fire League Latinoamerica 2022 Opening disiarkan di tiga platform: YouTube, Facebook, dan Booyah. YouTube berhasil mendapatkan penonton paling banyak, dengan jumlah peak viewers sebanyak 455,5 ribu orang. Di platform tersebut, kompetisi Free Fire ini juga mendapatkan 16,7 juta views dan 1,2 juta likes. Sudah bisa diduga, siaran dalam Bahasa Spanyol menjadi siaran paling populer, dengan jumlah peak viewers sebanyak 461 ribu orang. Setelah itu, siaran dalam Bahasa Jerman menjadi siaran favorit ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 298,8 ribu orang.
2. LCK Spring 2022
Dalam daftar turnamen esports terpopuler di Februari 2022, League of Legends Champions Korea (LCK) Spring 2022 duduk di peringkat tiga. Pada Maret 2022, LCK Spring 2022 naik satu peringkat dan duduk di peringkat dua. Meskipun begitu, jumlah peak viewers yang LCK Spring 2022 capai pada Maret 2022 lebih sedikit (736,8 ribu orang), daripada jumlah peak viewers pada Februari 2022 (827,5 ribu orang).
LCK Spring 2022 berakhir pada 2 April 2022. Total durasi dari liga itu adalah 300 jam. Kompetisi tersebut mendapatkan 74,2 juta jam hours watched dan 74,6 juta views. Twitch menjadi platform pilihan bagi para fans LCK. Jumlah peak viewers dari kompetisi itu di Twitch mencapai 875 ribu orang. Sementara di YouTube, jumlah peak viewers hanya mencapai 286,5 ribu orang. Di Twitch, LCK Spring 2022 disiarkan di 26 channels dan mendapatkan 63,7 juta views dengan 299,5 follows baru. Sementara di YouTube, kompetisi tersebut mendapatkan 10,6 juta views dan 99,9 ribu likes.
1. MPL ID Season 9
Pada Maret 2022, Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) Season 9 kembali duduk di peringkat pertama. Tak hanya itu, jika dibandingkan dengan jumlah peak viewers pada Februari 2022 (1,12 juta orang), jumlah peak viewers yang MPL ID S9 dapat pada Maret 2022 melonjak, menjadi 1,7 juta orang. Pertandingan yang berhasil menarik 1,7 juta orang dalam MPL ID S9 adalah pertandingan antara EVOS Legends dan RRQ Hoshi. Setelah itu, pertandingan terpopuler ke-2 adalah pertandingan antara RRQ Hoshi dengan Aura Fire, yang mendapatkan 1,5 juta penonton pada puncaknya.
Hingga saat ini, MPL ID S9 telah ditayangkan selama 128 jam. Kompetisi itu telah mendapatkan 48,7 juta hours watched dan 174,6 juta views, dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 381,6 ribu orang. Dari semua tim esports yang berlaga di MPL ID, RRQ Hoshi masih menjadi tim favorit penonton, diikuti oleh EVOS Legends, Alter Ego, ONIC Esports, dan Aura Fire.
MPL ID S9 disiarkan di empat platform streaming, yaitu YouTube, Nimo TV, Facebook, dan Tik Tok. YouTube menjadi platform yang menarik paling banyak penonton. Pada puncaknya, ada 1,2 juta orang yang menonton MPL ID S9 di YouTube. Sementara total views yang didapat di YouTube mencapai 158 juta views dengan 1,9 juta likes. Nimo TV merupakan platform terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 428,5 ribu orang. Sementara Facebook hanya mendapatkan 95,8 ribu peak viewers dan Tik Tok 66,3 ribu penonton.
Saat ini, siaran dalam Bahasa Indonesia masih menjadi siaran yang paling banyak ditonton, dengan jumlah penonton mencapai 1,7 juta pada puncaknya. Namun, siaran dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Malaysia juga cukup digemari. Siaran dalam Bahasa Inggris mendapatkan 175,6 ribu peak viewers, sementara Bahasa Malaysia 143,3 ribu peak viewers.