Dark
Light

Social Networking Untuk Para Traveler

1 min read
November 19, 2009

kololredDitengah pertumbuhan internet yang masif, social networking tentu menempati posisi yang cukup krusial, kemarin saya mereview salah satu social networking di Indonesia, kini saya juga akan bercerita tentang social networking yang baru saja meluncurkan versi beta mereka. Another social networking ?

Jika pertanyaan itu muncul dari anda, tenang, mungkin anda belum meilihat bentuk dan aplikasi social networking yang merupakan partner AirAsia ini, dia adalah Koolred.

Nuansa niche terasa sekali di social networking ini, sepertinya strategi melayani niche tertentu dalam social networking akan semakin besar, Koolred adalah social networking untuk para traveler, kenapa demikian?

Koolred memiliki hampir semua aplikasi standar yang dimiliki oleh social networking, seperti blog, foto, video, music, group, forum dan event, kegunaannya juga untuk berjejaring dengan para user yang mempunyai minat sama, berbagi informasi dan membentuk komunitas.

Keunikan pertama dari situs ini adalah pendekatan demografi user. Koolred memposisikan sebagai ASEAN’s premier social networking site, dan memfokuskan pada para user di sekitar ASEAN, meski juga membuka peluang untuk para user dari negara lain.

Keunikan kedua yaitu pendekatan travel sebagai unsur utama dalam social networking ini. Koolred menyediakan beberapa fungsi yang akan memanjakan para traveler, seperti travel advisor yang sesuai namanya memberikan sebuah tempat dinama user bisa saling memberikan saran atau mendapat saran tenang tempat tujuan wisata atau detail yng diperlukan dalam melakukan perjalanan ke suatu tempat tertentu.

Kemudian ada travel host, dimana user bisa menemukan voulenter untuk dijadikan guide dalam berwisata, dan siapa tau bisa juga menyediakan tempat untuk menginap, dan ada juga travel buddy, dimana user bisa menemukan tidak hanya teman dunia maya, tapi juga teman untuk berwisata. Selain itu ada kolom travel reviews serta travel destination sebagai penampung informasi untuk para user sebelum melakukan trip.

Bisa jadi ini mengingatkan kita akan Dopplr, sebuah situs yang juga memudahkan para traveler dalam melakukan trip. Fokus user Asean mungkin yang membedakan dua situs ini.

Ditengah bertumbuhnya social networking, apakah kita membutuhkan social networking baru?

Kalau melihat dari keunikan serta ceruk pasar user yang disasar, serta partnership yang dilakukan situs ini dengan AirAsia, rasanya itu sudah cukup menjelaskan visi situs ini, mengingat traveling kini menjadi trend, dan ASEAN adalah salah satu tujuan travel yang paling asik.

Dengan peluncuran versi beta tanggal 18 November kemarin, kita tinggal menunggu, perkembangan jumlah user serta kerjasama lain seperti apa yang akan dilakukan Koolred.

Anda suka travel? Atau punya pendapat tentang artikel ini, jangan lupa untuk share di kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

5 Comments

  1. scr pribadi, aku suka koolred 😀 udah sign up dan sudah main-main dan sudah mulai melirik beberapa travel buddies, menurutku ini lengkap banget, dan sangat targeted buat travellers. akan lebih asik kalo koolred bikin aplikasi di Facebook, sehingga misalnya di Facebook kita bisa langsung ada box aplikasi Koolred yang bisa diedit2 dari situ. sejauh ini aku masih excited dengan fitur-fiturnya, dibanding WAYN, misalnya, Koolred lebih menyenangkan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

New Seesmic Untuk Windows

Next Story

Adandu Resmi Diluncurkan!

Latest from Blog

Don't Miss

Menempati Posisi Tertinggi: Mengungkap Seluk Beluk Bisnis Traveloka (Bagian 2 dari 2)

Bagian 1 menyajikan perjalanan awal Traveloka serta perkembangannya mulai dari pilihan

Menempati Posisi Tertinggi: Mengungkap Seluk Beluk Bisnis Traveloka (Bagian 1 dari 2)

Sepuluh tahun lalu, Ferry Unardi adalah seorang mahasiswa di Harvard