Dark
Light

Aplikasi Android Kini Bisa Sampai 4 GB

1 min read
March 6, 2012

Aplikasi Android yang disimpan di Android Market, kini diizinkan untuk mempunyai ukuran lebih besar dari 50 MB, mencapai 4GB. Kebijakan ini sudah diumumkan oleh Google pertama kali pada event Google I/O 2011.

Senin kemarin, melalui Android Developers Blog, Google mengumumkan bahwa kebijakan ini sudah benar-benar diterapkan di Android Market. Aplikasi Android (.apk), tetap hanya boleh berukuran 50 MB, tetapi pengembang aplikasi kini bisa menyimpan file ekstra dalam format apapun sampai 4 GB yang disimpan dalam dua file masing-masing berukuran maksimal 2 GB. Aplikasi beserta file ekstranya akan diunduh secara langsung dari server Google saat pengguna mengunduh aplikasi tersebut.

Selama ini, jika pengembang membuat sebuah aplikasi yang berukuran lebih dari 50 MB, mereka akan membuat file aplikasi yang berukuran kurang dari 50 MB. Kemudian, saat pertama kali aplikasi ini dijalankan, aplikasi ini akan men-download file ekstra yang dibutuhkan dari server pengembang itu sendiri.

Ini adalah kabar gembira bagi pengembang game. Karena merekalah yang mempunyai kecenderungan untuk membutuhkan space sebesar itu. Pengembang aplikasi lain justru akan berusaha memperkecil ukuran aplikasi miliknya, untuk memudahkan pengguna dalam mengunduh dan menggunakan aplikasinya. Tetapi untuk pengembang game 3D yang menginginkan game-nya tampil dalam grafis yang cantik, file-file ekstra yang berukuran cukup besar akan sangat membantu. Setelah kebijakan ini diterapkan, bisa jadi ada banyak pengembang game yang melakukan update kepada aplikasi buatannya, atau juga merilis game terbaru dengan kualitas 3D dan HD.

Di Indonesia, dengan jaringan seluler yang seringkali tidak stabil, mengunduh aplikasi sebesar 2GB mengundang resiko kegagalan koneksi di tengah-tengah proses mengunduh. Akan sangat menyebalkan jika hal ini terjadi dan proses mengunduh harus diulang dari awal. Ada baiknya jika koneksi yang digunakan untuk mengunduh aplikasi sebesar ini adalah koneksi Wifi yang handal. Apalagi jika menggunakan paket internet dengan kuota. Aplikasi sebesar 2GB akan langsung menghabiskan kuota satu bulan.

Sumber lain: The Verge

Previous Story

RIM Siapkan Dana Riset $5 Juta untuk ITB

Next Story

Viki Sekarang Tersedia di iPad dan Android

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi