Dark
Light

Ru-Net Siap Investasikan 50 juta US Dollar di Asia Tenggara

1 min read
February 8, 2012

Perkembangan bisnis dan teknologi di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, tampaknya semakin menarik bagi perusahaan maupun investor untuk ikut mengembangkan bisnisnya di kawasan ini. Menyusul East Ventures dan CyberAgent, satu lagi perusahaan ventura asing tertarik untuk menanamkan investasinya ke kawasan Asia Tenggara, Ru-Net.

Ru-Net adalah sebuah perusahaan ventura asal Rusia yang berbasis di Moscow dan memfokuskan investasinya pada bidang internet dan teknologi informasi. Beberapa contoh perusahaan yang sukses dengan investasi mereka antara lain Big Lion (situs daily deals Rusia), Ozon.ru (sering disebut Amazon-nya Rusia), ivi (penyedia video entertaiment online) serta iMobilco (content provider). Di Asia Tenggara, saat ini mereka telah berinvestasi di MJ Group, penyedia platform e-commerce asal Vietnam.

Dalam wawancaranya dengan Penn-Olson, direktur investasi Ru-Net, Alexander Pavlov mengumumkan rencana Ru-Net untuk menginvestasikan 50 juta US Dollar untuk startup dari kawasan Asia Tenggara. Menurutnya, kawasan Asia Tenggara mempunyai pasar yang potensial untuk e-commerce. Di kawasan ini, masih ada ruang-ruang yang belum tergarap untuk e-commerce.

Ketika ditanya tentang kriteria startup yang ditargetkan, masih seperti yang dikutip dari Penn-Olson, Pavlov mengatakan bahwa Ru-Net memprioritaskan startup yang bergerak dalam bidang e-commerce, online travel, online entertainment, dan social gaming. Selain itu, Ru-Net juga lebih suka berinvestasi pada startup yang telah menerima sejumlah pendanaan dari investor lain.

Dalam websitenya, Ru-Net juga menjelaskan beberapa kriteria dasar perusahaan yang dipilihnya untuk berinvestasi, diantaranya :

  • Dipimpin oleh manajemen profesional dengan pengalaman di bidang startup tersebut.
  • Memimpin pasar atau memperlihatkan potensi besar untuk memimpin pasar.
  • Mempunyai strategi pengembangan perusahaan yang diikuti dan model bisnis yang terdefinisikan dengan jelas.
  • Mampu merealisasikan kesuksesan di kawasan pasar yang lain dengan menerapkan teknologi yang menarik, konsep bisnis atau startegi yang bagus.
  • Mempunyai keuangan yang transparan serta kesiapan manajemen dan shareholder perusahaan untuk mencapai transparansi tersebut.

Jika startup Anda mempunyai kriteria tersebut dan memang membutuhkan investasi, Anda bisa mencoba menghubungi mereka melalui email [email protected]. Tentunya berkenalan dan mempelajari portofolio dan perusahaan mereka terlebih dahulu menjadi porsi penting juga. Mereka mengalokasikan sekitar 5-20 juta US Dollar untuk satu startup, tergantung pada kualitas startup tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

DS Tour: YogYES.com

Next Story

Coming Soon: 2012 ID-Objective Conference

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Niko Partners: Pertumbuhan Industri Game Indonesia di 2023 Melambat

Game menjadi salah satu industri yang justru tumbuh selama pandemi
tren industri game 2023

Tren Industri Game di Asia Pada 2023, Menurut Niko Partners

Game merupakan salah satu industri yang justru mengalami pertumbuhan selama