Dark
Light

Hal Apa Saja yang Perlu Dilakukan Saat Mengembangkan Bisnis

2 mins read
May 9, 2019

Hampir semua orang memimpikan menjadi seorang pebisnis besar dan sukses. Tapi tahukah Anda bahwa hanya sebagian kecil yang benar-benar menggapai mimpi tersebut. Mengembangkan usaha sendiri tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal penting yang mesti Anda persiapkan. Mulai dari jenis usaha yang akan dijalankan sampai dengan segi pemasaran.

Jika Anda kurang pengetahuan dan tidak serius dalam mengembangkan bisnis tersebut, usaha Anda tidak akan berkembang dan bisa mengalami kerugian. Selain harus memiliki mental sekuat baja, ada hal penting lain yang harus dipersiapkan agar hasilnya maksimal.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas langkah-langkah mengembangkan usaha sendiri dengan modal yang relatif kecil. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah :

Tentukan Fokus dan Karakteristik Bisnis Anda

Menentukan fokus bisnis Anda merupakan sesuatu yang sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap semua elemen yang ada selama Anda membangun bisnis tersebut.

Kepada siapa Anda akan memberikan value brand Anda? Kebutuhan dalam bidang apa yang akan dipenuhi oleh brand Anda? Seperti apa cara Anda mengantarkan value tersebut?

Setelah itu, perlahan fokus tersebut pun akan membantu Anda menciptakan karakteristik brand Anda. Salah satu cara untuk menentukan karakteristik sebuah brand adalah dengan memperlakukannya seperti manusia.

Seperti apa penampilannya? Karakter seperti apa yang membuat target audiens Anda tertarik dengannya?

Hal-hal tersebut akan menentukan brand voice di media sosial atau jaringan internet lain yang Anda punya nantinya, sekaligus menentukan seperti apa penampilannya dari segi digital creative, baik itu desain maupun tulisan.

Rajin Membuat Catatan Kecil

Catatlah semua hal penting yang Anda dapatkan. Mulai dari nasihat orang lain, masalah , hingga tantangan-tantangan yang Anda hadapi saat mengelola bisnis Anda. Dengan harapan, bila waktunya tiba, Anda tidak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalaman Anda.

Mengembangkan Modal Dan Strategi Bisnis Dengan Matang

Tidak sedikit pemilik usaha berencana untuk mengembangkan usahanya harus terhambat karena permasalahan modal. Ya, modal memang bukanlah satu-satunya hal yang menjadi pertimbangan dalam mengelola usaha, namun modal pastinya memiliki andil yang sangat besar untuk kesuksesan suatu usaha selain dibutuhkan kebulatan tekad, kesabaran, serta kerja keras dari pelaku usaha.

Setelah mengembangkan sebuah bisnis yang Anda jalankan dari nol, maka itu bukan berarti modalnya juga nol. Anda tetap saja membutuhkan modal untuk pengembangan usaha Anda. Berapakah modal yang Anda butuhkan? Ya tentu saja tergantung seberapa besar usaha yang ingin Anda kembangkan. Anda juga bisa mencari pinjaman melalui program pendanaan dari bank, contohnya adalah Maybank yang memiliki program SUKA sebagai solusi mudah untuk usaha.

Maybank SUKA merupakan program pembiayaan bagi pengusaha skala SME (Usaha Kecil dan Menengah) yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda, melalui proses yang mudah , tidak “ribet”, dan cepat. . Kelengkapan dokumen yang dibutuhkan bagi nasabah perorangan adalah:
a. KTP (termasuk KTP pasangan)
b. Kartu Keluarga dan Surat Nikah
c. NPWP
d. SIUP atau TDP
e. Laporan rekening koran di semua bank 3 (tiga) bulan terakhir
f. Sertifikat tanah, IMB, dan PBB tahun terakhir
Misalnya Anda adalah founder startup yang bergerak di bidang healthcare, sejalan dengan perkembangan bisnis yang serba dinamis, tentunya Anda membutuhkan agar mampu mengimbangi bahkan melebihi kompetitor Anda. Oleh karena itu Anda dapat mengambil manfaat program Maybank SUKA.

Selain menawarkan kecepatan proses, Maybank SUKA akan memberikan bunga yang sangat kompetitif dengan , jangka waktu pinjaman hingga 15 tahun.
Terus Berinovasi

Membangun sebuah bisnis tidak berhenti saat Anda membuat brand. Brand harus melekat dengan produk dan jasa secara konsisten saat berinteraksi dengan.

Anda akan terus membangun dan mengevolusi brand Anda setiap kali mendapatkan pelanggan baru dan mempelajari siapa mereka serta bagaimana caranya berinteraksi dengan mereka untuk meningkatkan engagement.

Perlu disadari bahwa Anda tidak akan pernah memiliki 100% kendali terkait bagaimana orang-orang mempersepsikan brand Anda.

Pada akhirnya tujuan akhir dan realisasi yang utama adalah profit atau pendapatan yang pasti. Hindari kebiasaan untuk memberikan promosi, penawaran harga yang rendah serta kegiatan burning money lainnya. Fokuskan kepada pendapatan dan memastikan bisnis yang Anda jalankan disukai oleh pengguna dan mereka bersedia untuk mengeluarkan uang agar dapat menikmati produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Informasi lebih lanjut mengenai Maybank SUKA, bisa dapat melalui link berikut ini http://bit.ly/MaybankSUKA

blanja
Previous Story

Blanja Takes LinkAja as Digital Payment Platform

printer hp 415
Next Story

Printer HP Ink Tank Wireless 415, Perangkat Pendukung Produktivitas UMKM dan Startup

Latest from Blog