Nama Land Rover mungkin akan selalu diasosiasikan dengan mobil berbentuk kaku yang jago melahap segala medan. Namun sejak kehadiran Range Rover Evoque pertama kali di tahun 2011, pabrikan asal Inggris itu membuktikan bahwa mereka juga mampu merancang mobil berpenampilan seksi yang cocok untuk area perkotaan, selagi di saat yang sama masih sanggup diajak ber-offroad ria.
Tujuh tahun dan setelah beberapa varian facelift kemudian, generasi kedua Evoque akhirnya disingkap. Bentukannya masih mirip, akan tetapi dengan polesan di beberapa bagian, dan sejumlah inspirasi yang diambil dari kakaknya yang berukuran sedikit lebih besar, yakni Range Rover Velar.
Berhubung bodinya sedikit memanjang, kabin Evoque 2020 terkesan lebih lega, terutama di area penumpang belakang dan bagasinya. Balutan material-material mewah masih menjadi sorotan ketika memasuki interiornya, dan yang unik adalah bagaimana Land Rover sukses menyulap plastik daur ulang menjadi lapisan suede yang premium.
Melengkapi interior mewah tersebut adalah seabrek teknologi modern yang bisa memenuhi ekspektasi konsumen di tahun 2018 dan seterusnya. Sepasang layar sentuh 10 inci menjadi pusat kendali sistem infotainment-nya, dan Land Rover tak lupa menyematkan dukungan Apple CarPlay sekaligus Android Auto.
Juga unik adalah ClearSight Rear View Mirror, yang pada dasarnya merupakan kombinasi spion tengah sekaligus kamera pada belakang mobil. Jadi ketika bangku belakang penuh penumpang, pengemudi tinggal mengganti tampilan spion dengan kamera, dan visibilitas ke belakang pun jadi bebas dari kepala penumpang ataupun bagasi yang terlampau penuh.
Lebih lanjut, ada pula ClearSight Ground View, dan ini bukan sembarang kamera pada moncong mobil seperti pada umumnya. Tampilan yang dihasilkan kelihatan seperti menembus dari dalam kap mesin, dan sudut pandangnya pun cukup luas di angka 180°. Hasilnya, visibilitas ke depan jadi lebih menyeluruh, meliputi bagian dasar sekaligus.
Urusan performa, untuk pertama kalinya lini Evoque bakal kebagian varian bermesin hybrid. Perpaduan mesin bensin dan motor elektrik ini sanggup menggelontorkan daya sebesar 296 hp dan torsi 400 Nm. Sayangnya Land Rover masih bungkam soal akselerasi maupun estimasi konsumsi bahan bakarnya.
Terlepas dari itu, kehadiran motor elektrik dan baterai ini semestinya dapat membantu menggenjot performa ketika berakselerasi. Ketika berada di jalanan macet dan mobil melaju kurang dari 17 km/jam, motor elektriknya juga bisa mengambil alih kinerja mesin bensin sepenuhnya, sehingga jarak tempuhnya bisa ditingkatkan lebih lagi.
Terkait offroad, tentunya kita sudah tidak perlu meragukan apapun yang mengusung logo Land Rover pada tubuhnya. Mobil ini baru akan dipasarkan tahun depan. Harganya masih belum diketahui, tapi seharusnya Evoque 2020 bakal selalu menjadi “Land Rover termurah” seperti generasi pertamanya.
Sumber: SlashGear.