Penjualan mobil di Indonesia memang fluktuatif, tapi trennya menuju ke arah positif seiring dengan meningkatnya jumlah kaum kelas menengah. Di Q1 2018, Gakindo mencatat ada sekitar 291.912 unit kendaraan yang dijual.
Selain menguntungkan industri otomotif, tren peningkatan tersebut juga menjadi kesempatan bisnis digital untuk bernaung, tak terkecuali car marketplace. DailySocial bekerja sama dengan JakPat Mobile Survey Platform melakukan riset ini untuk melihat ketertarikan masyarakat dengan layanan car marketplace.
Beberapa hasil survei yang didapat cukup menarik, di antaranya:
- Dari 1257 responden yang melakukan pencarian ataupun transaksi jual/beli mobil, 96% di antaranya telah memanfaatkan kanal online.
- Sebagian besar responden setuju (51%) bahwa platform online memudahkan dalam penjualan mobil.
- Sebagian besar lainnya juga setuju (52%) platform online memudahkan dalam pembelian mobil.
Masih banyak temuan lainnya yang diungkap dalam riset ini. Untuk laporan lengkapnya, silakan unduh Car Marketplace Survey 2018 secara gratis.