Dark
Light

Lewat Project Zanzibar, Microsoft Memanfaatkan Karpet Pintar Sebagai Perangkat Kendali Interaktif

1 min read
April 10, 2018

Satu aspek yang membuat keberadaan mainan tetap tidak bisa digantikan oleh video game adalah kehadiran objek fisiknya dan sensasi menyentuhnya. Sudah banyak upaya dilakukan untuk memadukan keduanya, seperti contohnya yang disuguhkan Lego lewat AR-Studio. Namun para peneliti Microsoft punya pendekatan super-unik dalam mengombinasikan kedua hal ini: melalui karpet.

Tim yang terdiri dari ilmuwan asal Cambridge dan Redmond itu memperkenalkan Project Zanzibar, sebuah platformsensing‘ berwujud karpet fleksibel yang mampu mendeteksi, menemukan, dan berkomunikasi dengan objek serta sentuhan pengguna. Berbekal ‘karpet pintar’ ini, kita bisa menggunakan benda-benda fisik untuk memanipulasi serta mengendalikan konten digital.

Portabilitas merupakan salah satu faktor andalan Project Zanzibar. Alat ini bisa memanfaatkan unit layar yang ada buat menampilkan konten (misalnya tablet). Selanjutnya, Anda dapat memakainya di mana pun – di ruangan berbeda dalam rumah hingga dibawa piknik atau berlibur. Saat tidak digunakan, Anda bisa menggulung Zanzibar layaknya karpet biasa.

Di fungsi hiburan, Project Zanzibar memungkinkan kita ‘mendigitalisasi’ mainan-mainan fisik serta memberikan efek suara pada tiap adegan di atasnya (misalnya mengeluarkan suara letupan ketika peluru dilepas dari meriam mainan), berinteraksi dengan konten digital menggunakan objek fisik (misalnya kartu atau jenis permainan tabletop), hingga mempersilakan anak-anak menciptakan film stop-motion berbekal action figure, kamera dan mainan-mainan ala prop film.

Project Zanzibar 1

Kecanggihan Zanzibar bukan hanya tertelak pada kesanggupannya merasakan sentuhan di permukaan, tapi juga kemampuan mendeteksi objek yang melayang di atasnya. Selain itu, ia sanggup membaca gerakan, mengidentifikasi tipe benda berbeda, orientasi arah, dapat mengetahui eksistensi dari objek sekunder di atas benda utama, hingga bisa mentenagai perangkat berbeda via metode wireless charging.

Project Zanzibar 2

Di dalam, Microsoft memanfaatkan kombinasi dari sensor kapasitif dan NFC, lalu Zanzibar tersambung ke unit display melalui kabel USB ataupun Bluetooth.

Tentu saja karpet pintar ini tak hanya berguna sebagai mainan, tapi juga dapat dimanfaatkan jadi alat edukasi. Misalnya untuk belajar mengenal alfabet: app akan memunculkan satu huruf, dan anak-anak diminta menemukan huruf tersebut dan menggosoknya di permukaan Zanzibar. Alternatif lainnya, app dapat mengeja alfabet stiker yang Anda taruh di atas karpet.

Project Zanzibar membuka peluang baru penyajian konten hiburan dan edukasi. Namun ada banyak proyek eksperimen Microsoft yang akhirnya tidak direalisasikan jadi produk konsumen. Semoga Zanzibar bukan salah satu di antara mereka.

kamera-mirrorless-terbaik-harga-5-jutaan-yang-cocok-buat-pemula
Previous Story

[Rekomendasi] 4 Kamera Mirrorless Terbaik Harga 5 Jutaan yang Cocok Buat Pemula

Next Story

Undangan Disebar, Honor 10 Debut di 19 April Mendatang

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft 365 Kenalkan Fitur Agen Otonom Terbaru

Di tengah pengembangan fitur AI di berbagai lini, Microsoft secara

Microsoft 365 Copilot Rilis Update Terbaru, Tawarkan Sistem AI yang Lebih Terintegrasi

Keseriusan Microsoft untuk mengembangkan sistem AI Copilot terus dibuktikan lewat