Dark
Light

DS-Tour : Penciptaan Aplikasi Mobile di Detikcom

1 min read
May 23, 2011

Mobile development saat ini bisa dikatakan sebagai hal yang sangat menarik di industri pengembangan software, diperkuat dengan diluncurkannya Apple App Store tahun 2008 silam. Sejak itu kita telah melihat ratusan dan bahkan ribuan developer, ribuan aplikasi yang didownload jutaan kali menghasilkan milyaran dollar sebagai revenue developer. Kita telah melihat bagaimana industri mobile berevolusi dari sekedar platform komunikasi menjadi platform untuk berbagai macam kegiatan.

Di Indonesia sendiri industri mobile masih belum berkembang terlalu pesat dan belum banyak mobile developer yang benar-benar established. Mobile developer sekarang merupakan salah satu posisi yang banyak sekali diincar oleh perusahaan-perusahaan besar, namun pada kenyataannya mobile developer masih merupakan posisi yang lumayan langka di Indonesia. Masih ada beberapa developer indie yang bisa ditemukan namun tidak banyak yang memiliki prestasi dan kebanyakan justru mengincar proyek freelancing daripada bekerja untuk sebuah perusahaan.

Detik merupakan salah satu perusahaan internet yang paling agresif di Indonesia. Dominasinya di bidang berita online hampir tidak mungkin disaingi dan kemampuannya untuk mendeteksi dan mengikuti tren di bidang teknologi juga cukup terlihat. Saat ini Detik memiliki beberapa web developer terbaik di Indonesia namun sekarang-pun Detik perlahan tapi pasti sudah mulai masuk ke pengembangan aplikasi mobile di beberapa platform.

Tim Dailysocial pun mampir ke kantor pusat Detikcom di bilangan Warung Buncit, Jakarta Selatan dan berbincang dengan beberapa lead developer mengenai bagaimana mereka masuk ke ranah mobile development, tantangan menjadi mobile developer dan bagaimana kehidupan di divisi mobile Detik dalam menciptakan aplikasi-aplikasi mobile.

Silahkan nikmati video kunjungan tim Dailysocial ke markas Detikcom dibawah ini yang disponsori oleh Speedy Flash.

Song credit : “Hello, we are bottlesmoker” by bottlesmoker

7 Comments

  1. kayaknya pernah dibahas Om Rama tentang UI detik.. dari dulu gitu-gitu aja karena pengguna udah pewe sama desain lama 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Rakuten Indonesia Grand Launching June 1, 2011: A Merchant’s Opinion

Next Story

Bistip: Investasi, Fasilitas Baru dan Strategi

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Game Lokal Lokapala Ekspansi ke Asia Tenggara

Anda tentu sudah mengetahui tentang game mobile bernama Lokapala, bukan? Game dengan
garena FF sea

Turnamen Free Fire di 2023 Bakal Gunakan Format Baru

Game mobile yang terkenal di Indonesia keluaran Garena, yaitu Free