Dark
Light

Dskon.com Mengagregasi 6 Situs Group Buying Lokal

1 min read
May 5, 2011

Tidak hanya layanan group buying, daily deals atau penyedia kupon diskon yang bertumbuh pesat, layanan aggregatornya juga sepertinya mulai bertumbuh, SuperBestDeal adalah salah satu pemain di segmen ini, saya sendiri juga mendengar beberapa teman sedang mempersiapkan layanan serupa.

Dskon.com adalah juga layanan yang menyediakan fasilitas agregasi untuk berbagai layanan pembelian secara grup atau daily deals di Indonesia, Dskon menyediakan daftar dari 6 layanan group buying / daily deals yang mereka agregasi penawaran kupon diskonnya.

Di situs Dskon, pengguna bisa melihat berbagai penawaran dari Disdus, DealKeren, OgahRugi, Lapar, eVoucher, Valadoo. Ada satu daftar ShoppingClub yaitu Fashion Private, namun berhubung layanan diskon di situs ini tertutup hanya untuk pengguna, maka penawarannya tidak tersedia.

Dskon menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk melakukan sortir berdasarkan kota, ketegori, situs, harga, diskon, dan waktu sisa dari penawaran yang sedang berlangsung. Sayangnya untuk sortir berdasarkan diskon, alih-alih menampilkan dari diskon terbesar ke terkecil, Dskon menampilkan diskon dari kecil ke penawaran diskon yang paling besar. Saya pikir akan lebih menarik jika diskon terbesar ditampilkan lebih dahulu.

Dskon merupakan bagian dari perusahaan international yang berbasis di Berlin, Jerman dan telah memiliki juga situs deal aggregator di negara lain seperti Turki (indirimlr.com) dan Italia (esaldi.it). Selain mengagregasi penawaran dari berbagai penyedia layanan kupon diskon, Dskon juga menyediakan blog yang berisi berbagai informasi, terutama seputar layanan diskon, lifestyle. Saya juga melihat beberapa artikelnya mengutip dari DailySocial.

Kalau melihat dari akun Facebook dan Twitter mereka, Dskon hadir sekitar bulan Maret 2011, layanan yang diberikan sepertinya juga baru sampai menyediakan agregasi dari berbagai layanan yang memberikan penawaran diskon dan memberi kemudahan untuk melakukan sortir berdasarkan kebutuhan pengguna.

Terus terang, masih banyak yang bisa dikembangkan dan yang harus diperhatikan dari layanan group buying / daily deals, tidak hanya menjadi tempat promosi dan menghadirkan penawaran saja, membangun hubungan baik dengan pelanggan maupun dengan merchant serta mengembangkan strategi jangka panjang adalah satu hal dari sekian banyak yang harus diperhatikan oleh layanan group buying / daily deals. Memang untuk layanan aggregator seperti Dskon atau SuperBestDeal, semakin banyak layanan kupon diskon semakin baik, hubungan akan baik selama mereka memberikan traffic pada situs yang mereka agregasikan. Namun bagi saya, sepertinya lebih seru jika mereka yang bermain segmen ini mengembangkan sesuatu yang inovatif dan membawa sistem yang sudah ada ke tahap selanjutnya.

[English version for this post]

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

6 Comments

  1. numpang nanya ni,,
    kalau pengen start-up, bagusan pake CMS free atau pake php sendiri?
    mohon sarannya,,
    thaks yy

  2. Saya rasa web seperti ini sudah terlalu banyak..Apalagi targetnya masih sekitar Jabodetabek.
    Tapi kalau dilihat dari sisi positifnya, Indonesia berkembang dalam hal internet shopping.

  3. itu website sptnya sudah dibuat & di atur awal2 bagus ketika banyak yg masuk ke website itu, ada beberapa keganjilan jadi engga semua update dan sesuai dengan deal yg menggunakan logo brand dealnya…JEBAKAN BATMAN…kok yg begini di review!! BIKIN MALU…silahkan klik http://www.dskon.com/website-group-buying lalu klik logo disdus, nawartrus, kukuloba, hemat.com, kleepon, valadoo semua di larikan ke pestadeal…what wrong with u guys!!

  4. Hai Selly…maaf hal itu disebabkan karena website kami masih baru juga sehingga belum bisa memasukan semua deals dari tiap2 website dengan sempurna. Tapi sekarang kalau kamu mampir ke website kami sudah byk sekali perubahan yang kami lakukan. Pelan2 kami memperbaiki sistem dan terus mengupdate teknologi kami sehingga kami dapat memasukan deals dari tiap2 merchant yang kami miliki dgn sempurna. Maka dari itu, dari pada kalian meng-klik sebuah logo group buying website dan tidak menemukan apa2 lebih baik kalian menemukan penawaran serupa walaupun berasal dari website lain.

    Kami tidak melakukan jebakan apapun di website kami. Dskon hanya ingin melayani setiap masyarakat Indonesia dengan semua kelebihan dan kekurangan yang kami miliki. Dskon pastikan seiring dengan waktu berjalan, kami akan terus memperbaiki setiap kekurangan kami untuk menjadi lebih baik.

    Terima kasih

  5. terima kasih mba selly atas komentarnya, memang benar ada beberapa logo
    daily deals yang di klik (di bagian web site group buying) yang tidak
    memunculkan keterangan dari daily deals yang bersangkutan. tapi saya cek
    tidak semua (seperti yang dituliskan mba selly juga), ada beberapa yang
    sudah aktif, antara lain lapar, bomdis, evoucher.

    seperti penjelasan tulisan di atas, dan penjelasan perwakilan dari dskon
    di bawah, masih banyak yang harus dikembangkan dan disempurnakan dari
    layanan ini. saya pikir, yang belum memunculkan keterangan dari daily
    deals yang bersangkutan berbentuk template atau disamakan, bukan
    mengarahkan ke daily deals tertentu karena di bawahnya juga dicantumkan
    layanan daily deals lainnya, atau mungkin bisa jadi penawaran dari
    pastadeal adalah yang sekarang paling ingin di tonjolkan, mungkin akan
    berubah di lain waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Koprol Sudah Punya Aplikasi untuk PlayBook?

Next Story

Intel Indonesia Umumkan Ketersediaan Aplikasi BlackBerry “Warnai Hidupmu”

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Pendanaan Tambahan KitaBeli

KitaBeli Umumkan Pendanaan Seri A Tambahan

Platform social commerce KitaBeli mengumumkan telah mendapatkan pendanaan tambahan untuk

KitaBeli Announces 144 Billion Rupiah Series A Funding, to Focus on Rural Social Commerce

The social commerce platform KitaBeli today announced series A funding