Dark
Light

Selain Mengemudi Sendiri, Truk Ini Juga Dapat Dikendalikan dari Jauh

1 min read
July 6, 2017

Pernah melihat sebuah truk yang tak memiliki sedikitpun ruang untuk dijadikan kabin penumpang dan pengemudi? Selamat datang di tahun 2017, dimana jendela saja sudah jadi bagian yang tidak penting dari sebuah truk, sehingga hampir semua bagian bodinya bisa dimanfaatkan untuk mengangkut kargo.

Kalau tidak ada kabin penumpang, bagaimana caranya truk itu bisa berjalan? Di situlah sistem kemudi otomatis berperan. Benar saja, truk buatan perusahaan asal Swedia, Einride, ini memang dirancang untuk bergerak dengan sendirinya, sehingga semua bodinya hanya berupa bak kargo.

Dijuluki T-pod, prototipenya tampak futuristis. Panjangnya berkisar 7 meter, dan sanggup mengangkut hingga 15 palet standar, dengan bobot total mencapai 20 ton. Oh ya, truk ini juga tak butuh bensin; dalam satu kali charge, baterainya bisa menenagai truk untuk menempuh jarak sampai 200 kilometer.

Einride T-pod

Juga unik dari T-pod adalah penerapan sistem kemudi otomatis bersifat hybrid. Saat berada di jalan tol, truk akan bergerak dengan sendirinya. Lalu ketika memasuki kawasan padat penduduk, truk dapat dikendalikan oleh seseorang dari kejauhan ibarat sebuah mobil remote control raksasa.

Prototipe yang ada sekarang memang belum dibekali kemampuan untuk dikendalikan secara remote, akan tetapi Einride berharap mereka bisa mulai memasarkan versi yang fungsional mulai musim semi mendatang. Einride turut memasang target armada T-pod sebanyak 200 unit yang beroperasi di Swedia pada tahun 2020.

Sumber: VentureBeat.

Previous Story

Rencana ANGIN Meningkatkan Peran Perempuan di Dunia Teknologi

Next Story

Jagokan Kamera yang Lebih Canggih dan Fleksibilitas Mod, Motorola Moto Z2 Play Tiba di Asia Tenggara

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Otoklix Bags 143.5 Billion Rupiah Series A Funding

After receiving $2 million seed funding or equivalent to 28 billion
Pendanaan seri A Otoklix

Otoklix Kantongi Pendanaan Seri A Senilai 143,5 Miliar Rupiah

Setelah menerima pendanaan awal bernilai $2 juta atau setara 28