Dark
Light

Menilik Strategi Tumblr di Tahun 2011

1 min read
January 17, 2011

Satu minggu kemarin cukup banyak berita menarik yang hadir dari dunia teknologi international, selain tentunya kabar lokal termasuk BlackBerry DEVCON Asia 2011.

Beberapa berita menarik minggu kemarin antara lain, Formspring yang mendapatkan dana sebesar $11.5 juta, co-founder Posterous yang kini bergabung dengan Y Combinator, Wikipedia ulang tahun yang ke-10, pemberhentian karyawan Myspace dan rumor tentang masa depan Myspace yang dikabarkan akan dijual, penundaan rilis The Daily, koran Rupert Murdoch untuk iPad, serta berbagai kabar lain.

Salah satu berita datang dari Tumblr yang bagi saya cukup menarik untuk didiskusikan. Sebuah artikel di Mashable yang didasarkan pada hasil wawancara Johnny Hugel, menuliskan tentang rencana atau strategi Tumblr dalam menjalankan layanan mereka di tahun 2011.

Seperti yang dituliskan Mashable, Tumblr akan semakin memperhatikan komunitas. Peran komunitas, yang menjadi faktor penting popularitas Tumblr, akan mengambil peran yang lebih besar jika dibandingkan dengan pengembangan produk dalam waktu ke depan, setidaknya dalam tahun 2011 ini.

Tumblr memberikan fokus yang cukup sentral untuk komunitas kreatif seperti fashion dan film, untuk fashion, Tumblr bahkan kini memiliki fashion director sendiri yaitu Rich Tong, founder Weardrobe yang di akuisisi Google, untuk mendekatkan diri pada komunitas fashion.

Untuk pengembangan selanjutnya, selain akan terus menambah karyawan, Tumblr juga akan memperbaiki fasilitas direktori mereka dan akan merilis custom tools yang berhubungan dengan acara di dunia fashion dan festival film.

Yang menarik bagi saya adalah strategi pendekatan yang dilakukan Tumblr. Di tengah kompetisi layanan blog yang cukup ketat, tidak ada cara lain selain menjadi menonjol di bandingkan layanan lain atau setidaknya memberikan fasilitas unik tersendiri, salah satunya adalah dengan mendekati segmen tertentu dan fokus di dalamnya, dalam hal Tumblr adalah dunia fashion dan film. Tumblr sendiri juga dekat dengan berbagai komunitas lain seperti dunia fotografi, penulisan kreatif juga musik .

Dengan produk inti blog dengan berbagai fasilitas yang memudahkan pengguna untuk melakukan post, ditambah dengan fokus pada komunitas dengan memberikan tambahan fasilitas yang berhubungan dengan komunitas tersebut, bisa memberikan pangsa pasar tersendiri bagi Tumblr. Misalnya dengan memiliki orang yang paham di dunia fashion, kini pendekatan strategi Tumblr akan semakin kena sasaran, setidaknya ‘bahasa’ yang mereka gunakan bisa sejalan dengan apa yang berkembang di komunitas.

Memang tidak semua hal positif ada di Tumblr, berbagai konten negatif juga ada di layanan ini, serta keluhan sebagian pengguna untuk fitur reblog juga tetap melekat pada layanan Tumblr. Tetapi tetap menarik untuk melihat strategi mereka selanjutnya, selain untuk menghadapi persaingan dengan layanan blog lainnya, juga persaingan di dunia perangkat bergerak, karena Tumblr juga dikabarkan akan merilis aplikasi terbaru mereka untuk iPad serta fokus pada aplikasi mobile.

Komunitas bisa memberikan dampak positif tetapi juga dampak negatif, melayani satu komunitas bisa juga berarti ‘membiarkan’ komunitas lain, yang terpenting adalah bagaimana menyediakan layanan yang bisa digunakan oleh semua kalangan, namun tetap memberikan fokus khusus untuk kalangan tertentu, komunitas yang sesuai dengan karakter dari produk itu sendiri dan memberikan fasilitas yang tepat, lebih serta berguna bagi komunitas yang akan disasar.

Sumber artikel: Mashable, dan RvaNews.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

BlackBerry DEVCON Asia 2011: Sesi Diskusi dan Tanya Jawab Dengan Tema Monetizing Mobile Apps

Next Story

Nokia Akan Tutup Layanan Bundling Musik Gratis di 27 Negara

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Royalti di NFT

Analisis Galaxy Digital: Total Royalti yang Dibayarkan ke Kreator NFT Tembus $1,8 Miliar

Bagi banyak kreator, keberadaan sistem royalti merupakan salah satu alasan

Tumblr Umumkan Post+, Mudahkan Kreator Memonetisasi Konten Lewat Sistem Subscription

Semua akan subscription pada waktunya. Bahkan Tumblr, platform blogging yang