Dark
Light

Meluncur di Yogyakarta, Taxies Gandeng Organda dan Perusahaan Taksi

1 min read
April 25, 2016
Layanan pesan taksi berplatform Android untuk wilayah Yogyakarta

Hari Minggu (24/4), bertempat di Plaza Ambarukmo Yogyakarta, sebuah layanan aplikasi pemesanan taksi bernama Taxies App diluncurkan. Layanan Taxies App tidak hanya menyediakan basis aplikasi untuk pemesanan taksi, namun termasuk di dalamnya layanan end-to-end, mulai dari pelatihan penggunaan aplikasi untuk sopir taksi konvensional hingga sistem layanan pelanggan. Dalam peluncurannya, Taxies App didukung oleh DPD Organda DIY dan beberapa operator taksi di Yogyakarta (Pandawa Taksi, Setia Kawan Taksi, Sadewa Taksi, Indra Kelana Taksi).

Saat ini aplikasi Taxies sudah bisa diunduh di Google Play dan dapat digunakan untuk operasional di kawasan kota Yogyakarta. Versi beta layanan ini sendiri sebenarnya sudah mulai beroperasi sejak pertengahan bulan April lalu. Pihak Taxies Indonesia mengajak komunitas programmer di Yogyakarta untuk menguji keandalan aplikasi, termasuk untuk menemukan bugs yang ada dalam aplikasi.

Di awal bulan April, Taxies juga melakukan training terpadu untuk operator taksi yang menjadi mitra, termasuk memberikan edukasi kepada sopir terkait penggunaan aplikasi Taxies.

Bertindak sebagai mitra usaha perusahaan taksi lokal, Taxies mengikuti regulasi pembiayaan jasa angkutan taksi sesuai ketentuan Organda. Artinya biaya perjalanan tetap mematok argo taksi yang berjalan. Hal tersebut berlaku untuk biaya dasar argo, biaya perjalanan, dan biaya-biaya lainnya.

Berbeda dengan model Uber, GrabCar atau Go-Car, Taxies menempatkan dirinya sebagai mitra pengusaha taksi, artinya perusahan hanya menyediakan layanan aplikasi sebagai medium pemesanan saja. Terkait dengan regualsi monetisasi dan operasional sepenuhnya mengikuti standar operasional prosedur yang telah ditentukan oleh Dinas Perhubungan DIY. Dari sisi pemerintah kerja sama dengan Taxies ini juga sebagai langkah antisipasi dalam menanggulangi pengaruh masuknya taksi online di Yogyakarta.

Dalam sistem yang dijalankan, Taxies Indonesia menyediakan layanan berupa:

  • Taxi Company App berupa aplikasi untuk pengemudi dan perusahaan, yang terdiri dari Driver App, Company Back Office App, Life Tracking, Driver Emergency Button.
  • Customer App berupa aplikasi yang digunakan oleh pengguna.
  • Merchant Partnership untuk kebutuhan pemasaran dan penawaran.
  • Taxies for Corporate layanan yang akan dirilis untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola manajemen monetisasi dari sistem pelayanan taksi dengan pendekatan digital.

Taxies sendiri kembangkan oleh OXX Technologies, perusahaan pengembang perangkat lunak untuk korporasi. Untuk sistem pembayaran berbasis mobile, layanan pesan taksi yang dikembangkan OXX dibubuhi produk Mobile Payment dari Dimo.

Application Information Will Show Up Here
Previous Story

Onda Rilis 3 Perangkat 2-in-1 Seri oBook Terbaru

Next Story

DScussion #47: Fabelio dan Rencana Menjadi Marketplace Furnitur Terkurasi

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Startup pengembang teknologi imersif Arutala memproduksi aplikasi berbasis teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Mix Reality (MR), PC Simulator, hingga 360° Video untuk berbagai sektor bisnis

Komitmen Arutala Percepat Implementasi Teknologi Imersif untuk Bidang Edukasi

Sebelum istilah metaverse ramai dibicarakan, banyak pihak yang skeptis dengan
RUN System

Didukung Penuh Telkom Group, RUN System Tawarkan Solusi ERP untuk Perusahaan

Pandemi Covid-19 mendadak mengubah budaya kerja sekaligus mengganggu roda bisnis