Penerapan teknologi 4G/LTE di lingkungan layanan XL Axiata terus diperluas dengan mentransformasikan berbagai layanan yang ada di dalamnya. Salah satu layanan yang akan turut didongkrak adalah AdReach, mobile advertising milik XL Axiata. Dengan konektivitas data yang lebih kencang, AdReach akan memaksimalkan kualitas layanan iklan berformat video dan gambar.
Meningkatkan kualitas gambar dinilai akan memberikan dampak baik pada penyampaian pesan kepada konsumen yang ditargetkan. Ditargetkan transformasi layanan iklan ini akan efektif berlangsung tahun 2016 mendatang.
Penuh percaya diri dengan peningkatan layanan memanfaatkan momentum 4G/LTE, Direktur Digital Services XL Axiata Ongki Kurniawan menyampaikan:
“Visi kami dalam menyelenggarakan layanan moble adversiting adalah menjadi media agnostic yang dapat melayani brand secara end-to-end. Melalui AdReach, kami akan terus mengembangkan solusi iklan digital yang semakin efektif untuk mencapai tujuan dari para brand klien kami. Salah satunya adalah mengkombinasikan antara keunggulan teknologi telko dengan media sosial, sehingga secara profil segmen menjadi target akan lebih tajam dan terukur.”
Ongki juga menuturkan dengan hadirnya layanan 4G/LTE akan sangat berpengaruh dalam pengembangan bisnis layanan mobile advertising itu sendiri. Keberadaan akses internet cepat akan mempermudah penyampaian iklan kepada pasar yang dituju, tidak hanya berbentuk teks saja, namun juga berupa gambar dan video. Dengan demikian iklan yang disampaikan akan mampu lebih meningkatkan engagement antara pelanggan dengan materi iklan.
Secara umum XL melihat peluang bisnis iklan digital ke depan sangat besar terutama karena behavior pelanggan sampai dengan saat ini semakin tergantung dengan smartphone. Smartphone dianggap dapat menjadi media yang sangat efektif dan mampu membangun engagement yang baik dengan target pasar. Selain hal-hal yang terkait dengan regulasi, tantangan pada bisnis ini adalah menyangkut masalah adopsi industri terhadap media digital, kebiasaan pelanggan, dan perkembangan teknologi.
Menurut Ongki terdapat beberapa keunggulan pada layanan AdReach XL. Di antaranya adalah AdReach dapat mengetahui siapa yang akan disasar, waktu yang disesuaikan dengan tujuan brand, serta hasil efektif yang dapat diukur dan dianalisis. Selain itu dikatakan juga AdReach mempunyai keunggulan dalam inovasi solusi, yang sesuai dengan tujuan brand dan menggabungkan solusi media mobile dengan media sosial.
Tahun ini XL sendiri menargetkan 30 kota di Indonesia akan terlayani oleh 4G/LTE. Perluasan wilayah layanan 4G/LTE untuk tahun depan juga menjadi salah satu rencana besar yang sudah mulai dipersiapkan.
Terkait layanan mobile advertising, XL juga menyampaikan sepanjang tahun 2015 AdReach berhasil mengembangkan layanan terhadap brand dengan peningkatan sebanyak 300% pada jumlah brand yang dilayani di di 2015. Saat Ini terdapat lebih dari 3.000 brand telah memanfaatkan AdReach.
Dari banyaknya pelanggan terpetakan 6 kategori bisnis utama, yaitu consumer good, elektonik, otomotif, e-commerce, travel, dan perbankan. Terdapat juga sekitar 300 UKM yang telah memanfaatkan layanan AdReach. UKM sendiri merupakan salah satu target klien dari AdReach, dan sudah tersedia paket khusus bagi UKM untuk beriklan.