Dark
Light

Apple dan Samsung Kuasai 109% Profit Pasar Smartphone

1 min read
November 18, 2013

Apple dan Samsung memang sudah beberapa kuartal ini selalu menguasai pangsa pasar ponsel pintar. Ternyata dominasi keduanya tidak hanya soal berapa banyak perangkat ponsel pintar yang bisa mereka jual, dari segi keuntungan pun keduanya mampu mendominasi pasar. Berdasarkan data dari Canaccord Genuity, pada Q3 2013 lalu Apple dan Samsung meraup hingga 109% profit pasar ponsel pintar.

Tenang, Anda tidak salah baca. Angka 109% tersebut bisa tercapai akibat buruknya kinerja berbagai produsen lain yang menyebabkan mereka mencatatkan kerugian dan tercatat memiliki persentase negatif terhadap profit pasar secara keseluruhan. Seperti yang diungkapkan oleh Canaccord Geunity kepada situs Apple Insider, selain Apple dan Samsung, hanya Sony satu-satunya produsen ponsel pintar yang tidak mencatatkan presentase negatif. Nokia, BlackBerry, Motorola, LG, dan HTC semuanya mencatatkan kerugian pada kuartal ketiga lalu.

Bagi Apple, data ini jelas semakin menjadi bukti bahwa mereka tidak perlu menguasai pangsa pasar (market share) untuk bisa mendapatkan profit share yang tinggi. Dengan pangsa pasar di kisaran 14,3% saja, Apple mampu meraih 56% dari total profit pasar ponsel pintar. Sementara bagi Samsung, data ini memberi validasi bahwa Samsung tidak sekedar menguasai pangsa pasar saja. Dengan pangsa pasar 32,1%, Samsung juga berhasil meraih 53% dari total profit pasar ponsel pintar.

Daftar lengkap komposisi profit share dari delapan produsen ponsel pintar tersebut bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini.

Apple and Samsung Profit Share

 

Sumber: Apple Insider. [gambar via]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Yuk, Ikut Kuis #SmartAvatar dari Smartfren, Berhadiah 4 Smartphone Andromax T

Next Story

Gartner: Penjualan Smartphone Kini Berkontribusi Sebesar 55% Terhadap Keseluruhan Pasar Ponsel

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Tips ke Luar Negeri Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series

Sejak hadirnya Galaxy AI di smartphone-smartphone Samsung, banyak pengguna yang

Fitur AI di Neo QLED 8K TV, Jadikan Pengalaman Penuh Menonton TV

Salah satu sisi positif dari perkembangan teknologi yang cepat adalah