Dark
Light

McAfee Rilis Laporan Ancaman Malware Q2 2013, di Android Paling Banyak

1 min read
August 23, 2013

McAfee baru saja merilis laporan ancaman malware kuartal kedua 2013 yang berisi data malware baru yang ditemukan di situs, email, perangkat mobile dan PC serta metode serangan yang digunakan. Dari data tersebut, TRL akan coba berikan ringkasan singkat sehingga pembaca dapat memperoleh informasi yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

Malware Perangkat Mobile

Serangan malware ke perangkat mobile perlu diwaspadai terlebih jika Anda yang sering menggunakan layanan mobile banking. Serangan malware juga sering ditemukan di situs kencan palsu, aplikasi yang sudah dimodifikasi dan aplikasi palsu. Android layak mendapatkan perhatian lebih karena malware yang ditemukan tercatat meningkat tajam dari waktu ke waktu, hingga Juni 2013 sudah ditemukan lebih dari 18.000 malware yang menyerang Android atau meningkat sebesar 35% sejak tahun 2012.

Situs Berpotensi Malware

Saat ini jumlah website di internet hampir mustahil untuk diketahui angka pastinya, tapi dari ketidakpastian tersebut justru dapat dipastikan sebagian dari situs tersebut terjangkit malware berbahaya. McAfee mendeteksi 75 juta situs berpotensi malware atau meningkat 16% dari tahun sebelumnya.

Spam

Di akhir tahun 2012 lalu angka email spam sempat turun cukup signifikan namun di kuartal kedua 2013 ini serangan kembali naik bahkan lebih tinggi dari total serangan tahun lalu. Sedikitnya ada 5,5 juta pesan email berlabel spam atau 70% dari total email yang ada. Belarusia dan Ukrania menjadi negara paling banyak serangan spam dengan persentase peningkatan sebesar 200% tapi di Amerika justru turun 16%.

Malware PC

Di saat pengguna mobile tengah dibuat cemas dengan tingginya tingkat ancaman malware, serangan malware baru di perangkat komputer justu tak mereda malah meningkat tajam. Di kuartal kedua 2013 ini ada 18.5 juta malware baru yang berhasil diidentifikasi oleh McAfee, menambah jumlah total spesies malware yang sudah ada di katalog McAfee menjadi 147 juta malware.

Laporan ini tidak hanya berguna untuk kalangan korporat tetapi juga untuk pengguna personal seperti saya, yang paling penting jadi warning dini agar lebih waspada saat menggunakan perangkat mobile dan komputer.

Previous Story

Facebook Kerja Sama dengan Layanan Shutterstock

Next Story

Shopify Hadir di Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Unity Resmi Bergabung dengan IronSource, Perusahaan Pembuat Malware

Unity baru saja mengumumkan proses merger dengan ironSource, perusahaan di

Perangkat Mac Kini Dua Kali Lebih Rentan Terinfeksi Adware Dibanding Windows

Beberapa tahun silam, kepopuleran OS Windows menyebabkannya jadi sasaran utama ‘pengembangbiakan’