Dark
Light

Fitur Pesan Suara Jadi Tambahan Fasilitas di Aplikasi WhatsApp

by
1 min read
August 7, 2013

WhatsApp menambahkan fitur dalam layanan pesan mereka. Setelah bisa berkomunikasi lewat pesan teks, gambar dan video, kini pengguna akan bisa menikmati fitur pesan suara pada aplikasi pesan ini.

Seperti yang dikutip dari AllThingsD, WhastApp menghadirkan fitur pesan suara ini untuk aplikasi iPhone, BlackBerry, Android, Windows Phone dan Nokia. Dengan fitur ini pengguna bisa merekam suara dan mengirimkannya ke relasi lain.

Cara untuk merekamnya adalah dengan men-tap tombol mic dan ketika pengguna melepaskannya maka pesan akan dikirim. Anda bisa membatalkan dengan swipe ke kiri. Pesan yang dikirimkan juga tidak terbatas dari sisi lamanya pesan.

Masih dari artikel yang sama disebutkan bahwa desain dan penerapan dari fitur pesan suara ini mendapatkan perhatian khusus agar bisa menghadrkan fitur yang mudah digunakan dan hanya membutuhkan sedikit tap dalam prosesnya. Aplikasi yang sekarang ada telah memungkinkan pengguna untuk mengirim ‘audio note’, namun fitur pesan suara yang baru ini akan memudahkan pengguna untuk berkirim pesan suara, layaknya semudah berkirim teks. Tampilannya pun ada dalam layar yang sama dengan pilihan untuk mengirim teks, tanpa harus membuka beberapa menu tambahan.

Untuk mengetahui apakah pesan telah didengar atau belum, ada elemen desain tertentu yang bisa menjadi tanda untuk mengetahuinya.

Selain informasi tentang fitur baru, ada pula informasi lain atas layanan pesan yang memiliki markas utama di Kalifornia dengan 45 karyawan ini. Saat ini WhatsApp telah mencapai 300 juta pengguna aktif perbulan. Naik dari 250 juta yang dicapai pada bulan Juni lalu. Jumlah pesan yang dikirimkan pengguna ada 11 miliar pesan, dan pesan yang diterima 20 miliar perharinya. Pengguna WhatApp juga membagikan 325 juta foto setiap harinya.

Pesan suara ini tentunya menjadi fitur tambahan yang menarik untuk layanan pesan yang telah berumur 4 tahun ini, dan menempatkannya pada persaingan lebih lanjut dengan layanan pesan lain yang telah lebih dulu menyedikan fitur serupa.

Update fitur ini sedang dalam tahap rilis dan diperkirakan akan segera tersedia di masing-masing toko aplikasi.

Sumber artikel tambahan Forbes.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Skype Update Aplikasi untuk Windows Phone 8

Next Story

A Leap of Faith: The Most Important Ingredient When Working With a Startup Company

Latest from Blog

Don't Miss

WhatsApp Kembangkan Fitur AI untuk Membuat Avatar

Rencana Meta dalam mengintegrasikan AI generatif ke dalam berbagai produknya
WhatsApp screen sharing

Fitur Terbaru WhatsApp, Bisa Berbagi Layar Saat Lakukan Video Call

WhatsApp sebagai salah satu platform milik Meta Inc. baru saja