Dark
Light

Perkembangan Terbaru dari Disqus: Global Profiles dan Community Box

1 min read
August 11, 2010

Disqus mengumumkan beberapa perkembangan terbaru dari berbagai fitur yang terdapat pada layanan mereka, seperti Global Profiles, Community Box serta fitur ‘Like’.

Disqus, yang didirikian sejak tahun 2007 ini merupakan penyedia layanan sistem komentar di web. Disqus menyediakan dua layanan untuk membantu meningkatkan diskusi yang terjadi di web yaitu Disqus Comments serta Disqus Profile. Saat ini mereka telah memilki 500.000 komunitas serta 13 juta lebih profil yang terdaftar di layanan mereka.

Jadi apa yang baru dari Disqus? Seperti yang dituliskan pada blog mereka, pertama, tampilan pada Global Profiles, yang merupakan fitur dari Disqus dimana kita bisa melihat berbagai keterangan dari akun pengguna Disqus. Kini ketika Anda melakukan klik pada foto/avatar profil pengguna yang mempunyai akun di Disqus, pada situs yang menggunakan Disqus sebagai aplikasi komentar mereka, akan muncul pop up kotak yang berisi berbagai keterangan tentang pengguna tersebut, seperti nama profil, jumlah komentar yang dibuat, jumlah ‘Like’ serta keterangan tentang alamat situs pribadi dan domisili jika tersedia.

Anda juga bisa melihat tab Info yang berisi keterangan di situs mana pengguna yang Anda lihat profilnya aktif serta layanan lain yang terkoneksi dengan akun Disqus mereka, seperti Facebook dan Twitter. Selain itu terdapat juga tab Activity, dimana Anda bisa melihat aktivitas terkini dari pengguna yang profilnya sedang Anda lihat, baik itu di situs dimana mereka memberi komentar serta konten tertentu yang mereka ‘Like’.

Perkembangan yang kedua adalah Community Box. Pada situs yang menggunakan layanan Disqus, seperti DailySocial, akan muncul kotak berisi beberapa keterangan seperti tombol ‘Like’ dan ‘Dislike’ kemudian keterangan siapa saja yang menyukai konten tersebut dan ada juga fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat lebih banyak data. Jika Anda melakukan klik pada button gambar dua orang berdampingan, maka akan muncul pop up kotak baru yang berisi keterangan lebih lengkap tentang komunitas yang berada di situs itu.

Di kotak ini akan terdapat keterangan jumlah total komentar, jumlah total pengguna yang ‘Like’, serta jumlah total pengguna unik yang telah memberi komentar pada komunitas/situs tersebut. Termasuk juga keterangan tentang aktivitas pengguna serta avatar profil pengguna baru yang berfungsi sebagai ucapan selamat datang bagi pengguna baru yang masuk ke komunitas tersebut.

Dan terakhir, kini pengguna Disqus bisa melakukan kegiatan ‘Like’ untuk halaman atau artikel tertentu. Seperti yang dituliskan TechCrunch, Disqus telah menyediakan fasilitas dimana pengguna bisa melakukan aktivitas ‘Like’ komentar individu, kini pengguna bisa melakukan hal yang sama untuk halaman web tertentu atau artikel dari suatu website.

Untuk yang sudah mempunyai akun Disqus, mari ikut bergabung dengan komunitas di DailySocial dengan memberi komentar atau ‘Like’/’Dislike’ artikel tertentu, bagi yang belum mempunyai akun Disqus dan tertarik untuk mencobanya, bisa klik tautan berikut untuk informasi lebih lengkap.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. Disqus emang bener2 layanan komentar yg terbaik. Bagaimana tidak, user dengan paket Core yaitu paket add-ons yg gratis, sudah bisa menikmati berbagai fitur yg sangat memuaskan. Untuk saat ini saya sendiri menggunakan paket Core dan itu sangat membantu blog saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Tampilan Baru Serta Perubahan Pada Layanan Kenalan di Gmail

Next Story

Yahoo! Tancap Gas, Koprol Kendaraannya

Latest from Blog

Don't Miss

HubSehat Launches Second Opinion Feature, Providing In-Depth Diagnosis

HubSehat, one of the healthtech startups in Indonesia has launched
Fitur Second Opinion HubSehat

HubSehat Luncurkan Fitur “Second Opinion”, Mantapkan Pasien dengan Diagnosis Mendalam

HubSehat, salah satu startup healthtech di Indonesia meluncurkan fitur terbarunya “second opinion”.