Snapdragon X Plus, Hadirkan Kinerja Baik, Baterai Awet dan AI On-device

Menjanjikan kinerja maksimal soal daya tahan baterai hingga kemampuan AI on-device-nya

Qualcomm meluncurkan Snapdragon X Plus, menambah deretan platform Snapdragon X Series. Platform baru untuk chip entry-level Qualcomm ini dianggap menetapkan standar baru dalam komputasi seluler karena kinerja CPU-nya, yang memungkinkan pengguna lebih efisien dalam banyak hal.

Snapdragon X Plus dilengkapi CPU Qualcomm Oryo, sebuah prosesor yang mampu memberikan kinerja CPU hingga 37% lebih, dengan konsumsi daya yang 54% lebih efisien dibandingkan pesaingnya.

Dirancang untuk memenuhi operasional aplikasi berbasis AI on-device, Snapdragon X Plus hadir dengan Qualcomm Hexagon NPU yang mampu mencapai 45 TOPS, yang digadang-gadang sebagai NPU tercepat di dunia untuk laptop.

“Snapdragon X Plus akan mendukung PC AI-Supercharged, yang memungkinkan lebih banyak pengguna mencapai tujuan komputasinya seiring pesatnya perkembangan dan penerapan AI yang semakin revolusioner,” tulis Qualcomm dalam rilisnya.

Dengan menjanjikan performa CPU, kemampuan AI, dan efisiensi daya terdepan, Qualcomm berkomitmen untuk merevolusi lebih banyak komputasi seluler.

Peluncuran Snapdragon X Plus ini bersamaan dengan diperkenalkannya serangkaian aplikasi dan fitur baru yang dioptimalkan oleh AI, yang berjalan pada 45 TOPS NPU, termasuk di antaranya generasi dari code, musik, dan penerjemahan bahasa.

Dalam pembuatan kode, ada Visual Studio Code dari Codegen yang dapat membantu programmer menghasilkan kode baru secara instan dengan memanfaatkan AI generatif pada perangkat.

Untuk pembuatan musik, Qualcomm memperkenalkan Audacity yang menggunakan Riffusion AI secara langsung on-device, dengan kapabilitas untuk menghasilkan musik baru dari prompt atau musik yang sudah ada sebelumnya.

Urusan penerjemahan bahasa, ada OBS Studio yang memperlihatkan kemampuan subtitle langsung. Dengan Whisper yang ada di perangkat, pengguna bisa menerjemahkan secara otomatis 100 bahasa lisan ke dalam rangkaian kata dalam 100 bahasa berbeda, secara real-time selama streaming berlangsung.

Terkait bagaimana implementasinya, dirumorkan para OEM akan meluncurkan PC bertenaga Snapdragon X Plus dan Snapdragon X Elite mulai pertengahan 2024 ini.