Dark
Light

ZTE Akan Luncurkan Perangkat Berbasis Firefox OS di Eropa, Kemungkinan Akan Hadir Pula di AS

by
1 min read
January 12, 2013

Firefox OS dari Mozilla menjadi salah satu perkembangan teknologi yang ditunggu tahun ini, terutama peluncuran perangkat berbasis OS ini serta siapa yang akan menjadi perusahaan yang jadi mitranya.

Dalam sebuah laporan yang dituliskan Bloomberg, ZTE mengatakan bahwa mereka telah bekerja sama dengan operator di Eropa untuk menghadirkan smartphone berbasis Firefox OS bagi pasar Eropa yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Berita ini menegaskan berita sebelumnya tentang ZTE yang bekerja sama dengan Mozilla untuk berkolaborasi menghadirkan smartphone dengan sistem operasi open source yang dikembangkan Mozilla. Perangkat pertama yang akan hadir dari ZTE dan Mozilla ini diperkirakan muncul awal tahun ini, tetapi sepertinya belum dirilis untuk komersial.

Pihak ZTE juga mengatakan bahwa jika kondisinya baik, ekosistem dan konsumen, maka ada kemungkinan mereka akan merilis juga untuk pasar AS.

Pihak Mozilla sendiri mengatakan bahwa ketertarikan atas sistem operasi ini terus tumbuh. Ada beberapa pihak lain yang bekerja sama dengan mereka, seperti TCL yang menyiapkan smartphone berbasis Firefox OS, yang didukung juga oleh Deutsche Telekom, Etisalat, Smart, Sprint, Telecom Italia, Telefonica dan Telenor.

Berita ini juga menambah ramai dunia teknologi tahun 2013 ini, ada Tizen dari Samsung dan mitra mereka, ada BB 10 yang akan dirilis tanggal 30 Januari ini, ada pula Ubuntu untuk mobile serta Sailfish. Menarik melihat bagaimana sistem operasi ini akan bersaing dengan yang sudah ada seperti Android, Windows Phone 8 serta iOS.

Mozilla sendiri tanggal 20 Januari nanti akan menggelar acara di berbagai belahan dunia, termasuk Jakarta yang berkaitan dengan Firefox OS yaitu acara Firefox OS App Days yang mengajak para pengembang aplikasi untuk mengenal lebih jauh tentang Firefox OS serta Firefox Marketplace dan mengajak para pengembang untuk membuat aplikasi yang bisa diperkenalkan secara global.

Sumber: TheNextWeb, Bloomberg dan DailySocial.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

10 Pencarian Populer Google Indonesia untuk Tanggal 4 – 10 Januari 2013

Next Story

Operator AS Konfirmasi Ketersediaan BB 10, Akan ada 6 Perangkat BB 10 Tahun Ini dan Beberapa Informasi Lain

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Nubia Music Hadir di Indonesia untuk Para Penggemar Musik

Bersamaan dengan peluncuran ZTE Blade A55, ZTE Mobile Devices ternyata
ZTE Blade A55

ZTE Blade A55 Gebrak Segmen Smartphone Terjangkau Tanah Air

ZTE Mobile Devices baru saja mengumumkan peluncuran smartphone terbaru mereka