Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Dissidia Final Fantasy NT Hadirkan Yuna, Marksman dengan Segudang Opsi Ofensif

14 December 2018Ayyub Mustofa

Yuna hanya bisa membawa satu Aeon yaitu Valefor, tapi cara penggunaannya cukup bervariasi

Square Enix akhirnya merilis karakter kelima dari rangkaian enam karakter dalam Season Pass Dissidia Final Fantasy NT. Dia adalah Yuna, summoner cantik yang merupakan pasangan Tidus dari Final Fantasy X. Dengan kedatangan Yuna, jumlah karakter playable Dissidia Final Fantasy NT kini mencapai 33 orang. Square Enix dulu pernah mengumumkan bahwa game ini pada akhirnya akan memiliki 50 karakter playable, jadi masih kurang 17 lagi untuk mencapai target tersebut.

Yuna hadir di Dissidia NT dengan sejumlah kemampuan proyektil unik serta Aeon andalannya, Valefor. Seperti karakter pengguna magic kebanyakan, Yuna memiliki peran Marksman, artinya ia akan lebih sering menjaga jarak dan menyerang musuh dari jauh secara taktis. Berbeda dari Dissidia versi PSP, kali ini Yuna hanya bisa membawa satu Aeon, namun penggunaannya lebih variatif.

Valefor hadir sebagai EX Skill milik Yuna, dan dapat kita gunakan untuk Bravery Attack atau HP Attack tergantung dari jumlah EX Gauge yang kita miliki. Valefor memiliki tiga jenis Bravery Attack dan HP Attack, juga bisa digunakan secara defensif untuk menghentikan combo musuh ketika Yuna sedang diserang. Banyaknya pilihan serangan dapat membuat musuh kewalahan, tapi sebagai gantinya Yuna punya damage yang relatif rendah.

Bersama dengan perilisan Yuna, Square Enix juga meluncurkan arena pertarungan baru yang disebut Final Battlefield. Mirip seperti Edge of Madness tempat kita melawan Feral Chaos di Dissidia 012, Final Battlefield adalah arena berbentuk lingkaran tanpa platform vertikal sama sekali. Tempat seperti ini sangat cocok untuk duel, karena unsur random dari sebuah stage benar-benar diminimalkan.

Selain itu, Square Enix juga merilis sembilan background music baru yang bisa Anda pilih untuk menemani pertarungan. Beberapa lagu di antaranya termasuk “The Landing” dari Final Fantasy VIII, “Terra’s Theme” dari Final Fantasy VI, serta “Assault” dari Final Fantasy X. Semuanya dengan aransemen modern khas yang mencirikan nuansa Dissidia. Arena Final Battlefield dan background music baru ini tersedia sebagai update gratis dan dapat dinikmati semua orang.

Karakter terakhir Season Pass Dissidia Final Fantasy NT saat ini belum diumumkan, akan tetapi bocoran hasil data mining di bulan Juli lalu telah menunjukkan siapa saja karakter yang akan muncul berikutnya. Sejauh ini bocoran tersebut terbukti akurat, meskipun kita tidak tahu bagaimana urutan pasti perilisannya. Mereka adalah:

  • Gilgamesh (Final Fantasy V)
  • Tifa Lockhart (Final Fantasy VII)
  • Zack Fair (Final Fantasy VII)
  • Laguna Loire (Final Fantasy VIII)
  • Vivi Ornitier (Final Fantasy IX)
  • Prishe (Final Fantasy XI)
  • Gabranth (Final Fantasy XII)
  • Snow Villiers (Final Fantasy XIII)

Dari kisi-kisi yang telah diberikan Square Enix, karakter berikutnya adalah “seorang pria, dari setengah Final Fantasy terbaru, dan belum pernah muncul di Dissidia”. Jadi kemungkinan ia adalah Snow dari Final Fantasy XIII atau Vivi dari Final Fantasy IX. Sementara karakter sisanya baru akan muncul di Season Pass 2 tahun depan. Tetapi Dissidia Final Fantasy NT punya masalah yang cukup serius, yaitu sepinya peminat. Game ini hanya ramai di arcade Jepang, sementara di console, bila Anda coba memainkannya secara online maka Anda akan sangat kesulitan menemukan lawan tanding. Bisakah Square Enix memulihkan kembali popularitas Dissidia di kalangan gamer?

Sumber: All Games Delta

Play video

3 June 2021

HY ESPORTS

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV