Dark
Light

YouTube Punya Desain Baru, Hadirkan Fitur Precise Seeking Dan Pinch To Zoom

1 min read
October 27, 2022
Pembaruan YouTube 1

Bagi sebagian orang, YouTube merupakan pusat hiburan dan edukasi. Hal itu terjadi pada beberapa teman saya, hampir setiap malam mereka mengakses YouTube, bahkan nonton video bareng istri dan anaknya sebagai hiburan utama. Ternyata mereka tidak memasang aplikasi streaming film seperti Netflix, Disney+ Hotstar, dan kawan-kawannya karena berbayar.

Nah ada kabar baru dari YouTube, layanan Google ini telah mengumumkan pembaruan besar yang menghadirkan elemen desain dan fitur baru pada di YouTube mobile, desktop, dan juga smart TV. Antarmuka pengguna yang baru membuat navigasi menjadi lebih mudah dan memberikan kontrol yang tepat atas playback.

Fitur baru YouTube yang paling penting disebut precise seeking untuk mobile. Ketika sedang menonton video, Anda dapat melakukan tap dan menahan layar untuk menampilkan timeline visual pada video. Dengan demikian, selanjutnya Anda dapat menggeser maju dan mundur untuk menemukan bagian tepat yang ingin ditonton.

Selain itu, kita bisa double tap dengan dua jari untuk melewati satu chapter. Kalau sebelumnya kita bisa mencubit video untuk memperbesar video agar memenuhi layar, peningkatan fitur pinch to zoom yang baru memungkinkan kita melihat bagian video yang diinginkan, kita bisa memperbesar video lebih jauh untuk melihat sesuatu dengan lebih baik.

Pemutar YouTube di perangkat mobile dan desktop kini dilengkapi dengan Ambient Mode bagi mereka yang menggunakan dark mode. Hal ini memungkinkan warna video keluar dari pemutar, menciptakan efek cahaya lembut, dan menghilangkan garis batas yang keras antara video dan latar belakang hitam.

Bicara soal dark mode, sekarang tampilannya terlihat lebih gelap di smartphone, desktop, dan smart TV. Antarmuka playlist yang dulu sangat sederhana, sekarang juga dirombak ulang dengan tampilan yang jauh lebih menarik.

Pembaruan YouTube 2 playlist

Link YouTube dalam deskripsi video juga ditampilkan sebagai tombol yang mudah dikenali. Sedangkan tombol tindakan seperti like, share, download, dan subscribe juga didesain ulang untuk meminimalkan gangguan dan membuatnya lebih mudah diakses.

Penyegaran elemen desain dan fitur baru untuk YouTube ini membuat YouTube lebih menyenangkan digunakan. Sebelum datang ke pengguna, mungkin akan butuh beberapa waktu dan kita tunggu saja pembaruannya selama beberapa minggu mendatang.

Sumber: GSMArena

Previous Story

Platform Web3 Singapura, AWST, Dapatkan Pendanaan Awal 26,4 Miliar Rupiah

Next Story

Terraria Menjadi Game Indie Pertama yang Menembus Satu Juta Review di Steam

Latest from Blog

Don't Miss

Google pakai AI untuk hasilkan deskripsi YouTube Shorts

Google Pakai AI untuk Hasilkan Deskripsi YouTube Shorts Secara Otomatis

April lalu, Google melebur dua divisi artificial intelligence-nya, DeepMind dan

Game Lokal Lokapala Ekspansi ke Asia Tenggara

Anda tentu sudah mengetahui tentang game mobile bernama Lokapala, bukan? Game dengan