Dark
Light

YouTube Luncurkan Fitur Baru: Personalisasi Untuk YouTube Leanback dan Fasilitas TrueView

2 mins read
December 2, 2010

YouTube menambahkan fasilitas pada layanan mereka, antara lain pengalaman baru dalam menggunakan fasilitas YouTube Leanback serta fasilitas TrueView yang berhubungan dengan tampilan iklan di YouTube.

YouTube Leanback kini memiliki fasilitas untuk membuat saluran khusus yang disesuaikan dengan ketertarikan penggguna dengan sebuah fitur bernama Personalized Channels. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat saluran video sendiri dan mengatur video apa saja yang ingin mereka lihat atau tonton berdasarkan topik tertentu.

YouTube Leanback sendiri merupakan salah satu fasilitas yang diluncurkan YouTube pada bulan Juli, kemudian lulus uji dari TestTube. Leanback memungkinkan pengguna untuk menonton video di YouTube layaknya menonton televisi. Tampilannya yang berupa tampilan layar penuh serta navigasi dengan menggunakan tombol panah pada keyboard adalah beberapa fasilitas yang disediakan.

Sampai sejauh ini YouTube Leanback akan memberikan rekomendasi video serta topik video berdasarkan aktivitas yang penah atau sering dilakukan pengguna di situs YouTube. Kini pengguna bisa menentukan topik video mereka sendiri dengan memilih menu ‘create channels’ di layanan YouTube.com/leanback. Setelah masuk ke layanan Leanback, jika Anda belum melakukan log masuk, maka Anda akan diharuskan untuk melakukan log masuk dengan akun YouTube Anda.

Menu untuk membuat saluran video sendiri akan muncul ketika Anda menekan tombol panah untuk melihat menu topik video yang telah disediakan YouTube. Pilih menu untuk membuat saluran video, yang akan muncul pada bagian kiri, dengan menekan tombol enter. Nantinya akan muncul kotak menu di mana Anda bisa menuliskan topik video yang Anda inginkan atau memilih beberapa topik yang direkomendasikan YouTube.

Setelah membuat saluran video berdasarkan topik tertentu, maka saluran yang baru dibuat ini akan muncul pada bagian paling bawah, Anda bisa memilih berbagai video di saluran yang telah Anda buat dengan menggeser piliah video di saluran tersebut.

Sebagai sarana untuk memberikan pengalaman menonton video, fitur yang berhubungan dengan personalisasi adalah tambahan fasilitas yang sangat berguna. Kini Anda bisa duduk manis dan menonton video di YouTube berdasarkan saluran (topik) tertentu yang Anda susun sendiri. Leanback akan memutar berbagai video secara otomatis. YouTube juga sebelumnya telah menambahkan fasilitas YouTube Remote, sebagai sarana navigasi untuk layanan Leanback dengan menggunakan ponsel berbasis Android.

Selain fitur baru di layanan YouTube Leanback, YouTube juga kini telah merilis fasilitas TrueView. Seperti yang dituliskan oleh TechCrunch, fasilitas ini memungkinkan pengguna untuk melewatkan iklan yang ada pada video tertentu. TrueView ini merupakan fasilitas yang bisa digunakan oleh para penerbit video di YouTube, di mana nantinya akan memberikan pilihan bagi penonton mereka untuk melihat iklan yang ada pada video atau melewatkannya.

Nantinya, video yang ditambahkan fasilitas ini oleh para pengunggah video akan menampilkan semacam layer dengan hitungan mundur selama 5 detik, akan ada pilihan bagi penonton untuk melewatkan iklan ini dan melanjutkan menonton konten video atau membiarkan iklan tersebut tetap berputar dan menontonnya.

Untuk saat ini, tampilan iklan di YouTube juga memberikan pilihan bagi pengguna untuk tetap melihat iklan tersebut atau tidak. Pada video yang terdapat iklan, dengan mengeklik tanda ‘x’ pada bagian ujung kotak iklan, akan membuat iklan tersebut tersembunyi, namun bisa ditampilkan lagi dengan mengeklik kotak kecil pada bagian kanan.

Berikut video penjelasan untuk layanan fitur Personalized Channles di YouTube Leanback dan foto tampilan TrueView yang saya kutip dari TechCrunch.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Statistik Dari Scoop, Aplikasi Buatan Apps Foundry

Next Story

Tampilan Baru TwitPic

Latest from Blog

Don't Miss

Pixel 9 Pro XL: ‘Kembaran’ iPhone yang Hampir Sempurna

Tulisan berikut ini adalah tulisan tamu oleh Aryo Meidianto –

Google Trend di Indonesia Makin Cangih, Kini Ada Fitur Sedang Trending

Google secara resmi menghadirkan fitur Sedang Trending di Indonesia yang