6 April 2017

by Bambang Winarso

YouTube Go Versi Beta Akhirnya Tiba

Setelah melalui pengujian beberapa bulan, YouTube Go akhirnya resmi dirilis ke Play Store meski masih berlabel beta

YouTube akhirnya secara resmi meluncurkan versi barunya, YouTube Go untuk pengguna di India, kendati masih mengantongi label beta dan membutuhkan waktu dan feedback untuk benar-benar matang. Aplikasi ini pertama kali diumumkan pada bulan September 2016 tepat di hari jadi YouTube ke 18. YouTube Go adalah aplikasi yang ditujukan untuk pengguna yang mempunyai keterbatasan jaringan dan kerap dibuat was-was dengan konsumsi kuota data.

Dirancang untuk negara-negara berkembang yang mempunyai kualitas jaringan di bawah standar, YouTube Go memungkinkan penggunanya untuk mengunduh video dan menontonnya secara offline tanpa dibuat pusing dengan proses buffering. YouTube Go juga menawarkan sejumlah opsi untuk membantu pengguna mengoptimalkan keseruan menonton video tanpa membakar kuota, termasuk fitur pratinjau video dan panel untuk memantau penggunaan data saat mengunduh satu video dalam resolusi yang berbeda.

Video yang sudah diunduh kemudian dapat dibagikan melalui koneksi nirkabel, seperti Bluetooth atau Wi-Fi Direct, membantu pengguna lain yang ingin menyaksikan video yang sama untuk menghemat lebih banyak data. Bukan satu, kemampuan ini disebut mampu menampung beberapa pengguna secara bersamaan. Tatap muka aplikasi dibuat sedemikian rupa agar relevan dengan preferensi pengguna. Panel pratinjau yang disematkan secara default untuk membantu pengguna mengetahui apa isi dari video guna memutuskan apakah video tersebut layak diunduh secara penuh atau tidak.

Aplikasi YouTube Go saat ini sudah dapat dijumpai di Google Play Store. Namun seperti yang sudah disinggung di atas, layanan ini baru tersedia untuk negara India. Ketersediaan versi final dan publik juga tampaknya akan tergantung pada domisili pengguna. Tapi Indonesia seharusnya menjadi salah satu tujuan berikutnya setelah India.

Sumber berita GoogleBlog.

Application Information Will Show Up Here