27 February 2022

by Wiku Baskoro

Yang Menarik dari Reno7 5G dari Kesan Awal Perjumpaan

Reno7 5G adalah satu dari tiga perangkat yang diperkenalkan OPPO untuk pengguna Indonesia

Informasi tentang rilis seri Reno7 sudah kami ulas beberapa kali, paling akhir adalah informasi dan foto produk serta tanggal perkenalan untuk umum alias peluncuran seri Reno7 ini. Satu produk yang sempat saya coba adalah Reno7 5G, dan artikel ini akan coba menceritakan pengalaman singkat dengan perangkat ini. 

Reno7 5G hadir dengan desain yang cukup berbeda dari 2 saudara lainnya. Perbedaan ini tidak hanya pada elemen warna tetapi juga finishing dan hasil akhir pada perangkat. Spesifikasi juga ada perbedaan dengan dua saudara yang lainnya. Dan tentunya pengalaman penggunaan juga cukup berbeda, setidaknya dari impresi awal. 

Desain OPPO Reno7 5G

Reno7 5G membawa desain yang berbeda dengan pinggiran membulat. Desain ini memberikan kesan tipis, ketika digenggam terasa nyaman. Finger print ada di layar depan sehingga sisi pinggir kiri dan kanan hanya diisi button power dan volume up/down

Selain desain yang melengkung bagian desain yang paling menonjol tentu sja cover atau bagian belakang smartphone yang tampak sangat menarik, terutama untuk desain warna Star Trails Blue. Tampila warna yang memberikan efek biru tapi Anda juga bisa minikmati pantulan warna jingga dan ungu. Selain warna, efek yang hadir ditambahan juga apa yang disebutkan OPPO efek gambaran jejak bintang. 

Semua ini bisa dihadirkan OPPO dengan teknologi yang bernama LDI atau Laser Direct Imaging. Teknologi yang memungkinkan gambar pola 1.2 juta raster mikro yang diproduksi presisi masing-masing sebesar 20 mikron. Gambar ini kemudian ditransfer pada bagian belakang di atas lapisan OPPO Glow. 

Hasilnya adalah bagian belakang smartphone yang keren dan menarik untuk terus dipandang. Apalagi ketika terkena cahaya, karena akan bsia menghasilkan gradasi warna yang berubah dinamis. Untuk perlindungan OPPO Glow telah menjadikan bagain penampang belakang tahan gores. 

Layout kamera belakang juga salah satu bagian desain yang menarik dari OPPO reno7 5G karena hadir dengan desain minimalis tetapi elegan. Bagian utama dua lensa yang tanpak menonjol menambah kesan premium. 

Rasa genggam yang nyaman, kesan doff anti gores, dan warna yang menarik adalah sebagiuan kecil dari pengalaman saya dalam menggengam pertama kali dan berinteraksi singkat dengan Reno7 5G. Pinggiran melengkung memang memberikan kenyamanan saat menggunakan termasuk saat bermain game. 

Spesifikasi OPPO Reno7 5G

Tentunya desain tanpa spesifikasi akan tidak berarti. OPPO reno7 5G hadir dengan spesifikasi yang mumpuni untuk kelasnya. 

Ada prosesor MediaTek Dimensity 900 5G yang menjadi otak utama, lalu didukung dengan RAM 8GB serta ROM 256GB yang bisa diekspansi dengan micro SD sampai 1TB. Dukungan baterai yang cukup besar 4500mAh. 

Untuk baterai, OPPO Reno7 5G membawa teknologi SuperVOOC 65W dalam proses mengisi daya. Teknologi ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, karena membantu proses mengisi daya dengan cepat. Saya mencobanya dan dalam 29 menit dari 12% bisa mencapai 94%. 

Untuk kamera sendiri OPPO Reno7 5G Kamera depan dan belakang: 32MP selfie kamera, 64MP main camera, 8MP wide angle camera dan 2MP macro camera. Saya memang belum mencoba dalam waktu lama untuk kamera ini namun satu yang cukup menarik adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengatur aperture dengan menggeser/swipe pada menu kamera Portrait untuk mendapatkan efek blur yang sesuai keinginnan. Dan tidak hanya untuk foto tetapi juga untuk video. 

OPPO akan menjadikan seri Reno7 sebagai Portrait Expert, jadi sudah pasti akan ada banyak fitur yang merujuk pada ini. Mulai dari bokeh flare untuk foto dan video, optimasi AI yang tetap natural sampai dengan selfie HDR.

Pengalaman singkat yang menyenangkan dari Reno7 5G

Secara singkat kesimpulan dari kesan pertama bersama Reno7 5G adalah menyenangkan. Baik dari rasa genggam, tampilan warna atau kesan desain secara keseluruhan. 

Pengalaman yang tidak kalah menyenangkan adalah dari sisi layar depan, ukuran 6.4 inci yang cukup pas untuk smartphone ditambah dengan refresh rate 90Hz yang menambah seru dalam menjelajah konten. 

Selain spesifikasi yang cukup mumpuni, bagi saya pengalaman yang seru adalah dari sisi pengisian daya. 65W SuperVOOC adalah tambahan fitur flagship yang penting ketika hadir di smartphone kelas menengah premium. 

OPPO Indonesia akan memperkenalaan Reno7 Series pada tanggal 2 Maret 2022 secara online di Youtube dan media sosial OPPO Indonesia. Informasi dan pengalaman seru atas perangkat Reno7 akan juga Anda dapatkan di Hybrid.co.id. Termasuk informasi harga dan ketersediaan perangkat.

Disclosure: Artikel ini didukung oleh OPPO.