Dark
Light

Yang Harus Diperhatikan Saat Menyiapkan Peluncuran Produk

1 min read
September 21, 2015

Nama produk, metrik, dan strategi pemasaran merupakan beberapa hal penting yang perlu disiapkan sebelum peluncuran / Shutterstock

Momentum peluncuran sebuah produk atau layanan memang sangat krusial. Satu momen tersebut bisa saja membuat produk Anda melejit dengan mengesankan banyak pihak atau bahkan sebaliknya. Langsung menuai banyak kritikan saat itu juga. Salah satu hal untuk menghindari kemungkinan terburuk saat meluncurkan produk adalah mempersiapkan yang terbaik.

Ada banyak cara untuk menyiapkan sebuah peluncuran produk dengan baik. Salah satunya yang dituturkan oleh Co-founder dan CEO Cluster, Brenden Mulligan. Dalam sebuah kesempatan Mulligan memaparkan beberapa langkah aturan sederhana yang bisa Anda terapkan sebelum meluncurkan produk Anda.

Perkenalkan produk Anda dengan jelas dan singkat

Ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang krusial. Nama atau identitas produk Anda mungkin bisa menarik pengguna atau bahkan membuat produk Anda diabaikan dengan cepat. Mulligan menyarankan, bagi startup agar sebisa mungkin membuat brand dengan singkat, jelas dan menggambarkan layanan atau maksud dari produk yang dibawanya.

Nama produk dapat meninggalkan kesan pertama bagi khalayak ramai. Sebisa mungkin rangkum deskripsi mengenai produk atau layanan Anda seringkas dan sejelas mungkin sebelum meluncurkannya. Ketertarikan pengguna bisa diawali dari sebuah nama.

“Jika Anda tidak bisa menggambarkan aplikasi Anda tidak dalam sepuluh kata atau kurang, ada sesuatu yang hilang,” ungkap Mulligan.

Jangan luncurkan produk Anda tanpa mempersiapkan Metrik dan Dashboard untuk menganalisanya

Persiapan sebelum meluncurkan produk bisa disiapkan dengan membuat beberapa metrik. Mulligan menyarankan agar sebelum Anda meluncurkan produk setidaknya persiapkan minimal tiga buah metrik untuk mengiringi sebelum dan pasca peluncuran produk Anda.

“Luangkan waktu sejenak untuk menentukan tiga metrik inti yang Anda percaya akan menentukan apakah peluncuran Anda berhasil,” ungkap Mulligan.

Metrik ini setidaknya bisa mengukur berapa banyak pengguna pendaftar, unduhan atau jika layanan Anda serupa dengan Instagram bisa berapa foto yang diunggah dan beberapa data statistik sejenisnya. Metrik dan Dashboard juga diperlukan untuk mengukur jumlah influencer pasca peluncuran. Siapa-siapa yang tertarik dan buat kesan yang bagus agar mereka tetap stay bersama Anda.

Membangun hubungan baik dengan media massa

Karena kebanyakan startup belum sepenuhnya dipandang oleh media massa ada beberapa mitos untuk menarik perhatian mereka. Beberapa ada yang menyuarakan dan memberitakan peluncuran mereka dengan mewah agar blogger dan media tertarik untuk meliputnya. Ada juga yang tetap diam-diam agar terkesan misterius dan membuat wartawan penasaran dan tertarik. Ada banyak cara, yang jelas jaga hubungan Anda dengan media massa.

Jangan berkecil hati jika startup Anda tidak banyak mendapat perhatian di awal peluncurannya. Toh Airbnb dan Postmates juga demikian di awal peluncurannya. Hingga sekarang mereka banyak diberitakan di mana-mana.

Persiapkan strategi pemasaran dengan matang

Jika Anda ingin banyak orang menggunakan produk Anda langkah pertama yang pasti adalah mengenalkannya kepada calon pengguna. Peluncuran adalah momen yang tepat. Anda bisa merancang strategi pemasaran dengan melengkapi dengan tools untuk menaikkan user engagement produk Anda.

Selanjutnya, pastikan Anda menyediakan channel untuk menampung feedback dari pengguna Anda. Libatkan pengguna dalam pengembangan produk Anda. Dengan demikian Anda bisa memikat pengguna lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Blu-Jek Joins Ride-Sharing Competition

Next Story

Hadirkan Konten Kreatif, GamaboxTV Sasar Konsumen Anak muda

Latest from Blog

Don't Miss

Indigo Impact Report 2021

Laporan DSInnovate: Dampak Program Inkubator dan Akselerator untuk Ekosistem Startup Indonesia

Menurut data terbaru yang dirangkum laporan e-Conomy SEA 2021, ekonomi
Jefrey Joe berbagi pengalamannya dalam membantu founder mencari dan mengeksekusi model bisnis

Mengupas Serba-Serbi Model Bisnis pada Startup

Startup tak melulu bicara soal merealisasikan ide menjadi sebuah produk.