SearchPad, sebuah fitur pencarian yang sedang dikembangkan oleh Yahoo untuk membantu pengguna menyimpan dan mengelola hasil pencarian mereka, rencananya akan dirilis hari ini. Yahoo sendiri telah melakukan ujicoba terhadap fitur ini sejak Februari 2009 lalu, dan Yahoo mengklaim bahwa ini merupakan cara yang terbaik untuk menyimpang jejak rekan pengguna dalam melakukan pencarian dan juga berselancar di Internet.
SearchPad ini mampu mendeteksi ketika pengguna melakukan riset menggunakan mesin pencari berdasarkan pada kata kunci yang mereka masukkan, misalnya ‘home renovation’ dan akan bertanya kepada pengguna apakah mereka ingin menyimpan hasil pencariannya tersebut. Dari situ pengguna bisa menyimpan query pencarian sekaligus hasil pencariannya disertai dengan catatan-catatan kecil yang juga bisa dibagi ke pengguna lain.
Selama masa ujicoba Yahoo mengaku menambahkan beberapa fitur kecil dan juga menghilangkan beberapa fitur yang dirasa tidak berguna, namun pihak Yahoo menolak untuk berkomentar lebih jauh.
Yahoo, yang saat ini mendapatkan 20% dari pangsa pasar mesin pencari di AS memang sedang mencoba menghidupkan kembali layanan mesin pencarinya setelah bertahun-tahun memfokuskan diri ke layanan-layanan tambahan yang menguras biaya operasional tanpa mendapatkan pemasukan yang berarti. Dan fitur SearchPad ini tentu saja menjadi sebuah keunggulan tersendiri bagi Yahoo.
Di Google memang diijinkan untuk menyimpan dan meninggalkan komentar di hasil pencarian, namun hanya Yahoo SearchPad yang mampu menyimpan secara otomatis. Saya sendiri sering sekali menggunakan fitur penyimpanan dan komentar di Google Search, dan untuk saya SearchPad bisa menjadi fitur yang sangat berguna. Siapa tahu, bisa jadi saya mulai beralih ke Yahoo Search sebagai default search engine saya.
Menurut anda, mampukah SearchPad ini membuat pangsa pasar mesin pencari Yahoo naik kembali? Benarkah strategi Yahoo untuk kembali fokus ke Yahoo Search?