Dark
Light

Yahoo! Luncurkan Layanan Yahoo! Local

1 min read
December 10, 2010

Yahoo! kembali merilis layanan bagi para pengguna mereka, setelah beberapa layanan seperti integrasi permainan dari Zynga serta layanan Local Offers kini Yahoo! meluncurkan Yahoo! Local.

Yahoo! Local merupakan layanan dari Yahoo! yang memberikan konten hyper-local, seperti, memberikan berbagai berita, info acara serta penawaran informasi acara lokal dalam satu tempat. Saat ini Yahoo! Local masih dalam taraf limited beta dan hanya tersedia di U.S. Area lokal yang termasuk dalam layanan Yahoo! Local saat ini baru lebih dari 30 wilayah, antara lain San Fransisco, Palo Alto, Mountain View, Sunnyvale, Brooklyn, NY, Birmingham, Ferndale dan Roal Oak.

Berbagai konten yang terdapat di Yahoo! Local memang berkaitan dengan wilayah tertentu alias hyper-local, pengguna bisa melihat berbagai berita tentang apa yang terjadi di wilayah lokal tersebut. Tampilan Yahoo! Local ini akan berisi kategori konten, seperti berita, film, penawaran serta informasi tentang acara di wilayah lokal tertentu.

Untuk berita, Yahoo! akan menyediakan berbagai konten lokal yang ada dalam jaringan mereka, seperti yang pernah dituliskan DailySocial, Yahoo! mencoba untuk menyediakan berbagai konten, termasuk konten berbau lokal dengan mengakuisisi Asscociated Content dan kemudian merilis Yahoo! Contributor Network, di mana semua orang bisa menyumbangkan berbagai tulisan atau informasi lokal (dengan ketentuan tertentu) yang mereka miliki ke Yahoo!.

Yahoo! Local juga menyediakan fasilitas bagi pengguna individu atau organisasi untuk menambahkan event yang mereka selenggarakan yang berhubungan dengan komunitas lokal.

Sedangkan untuk penawaran yang bersifat lokal, seperti yang dijelaskan Yahoo! di blog mereka, Yahoo! Local akan terintegrasi dengan program Yahoo! lainnya yaitu layanan Local Offers. Yahoo! Local akan menyediakan berbagai penawaran lokal dari berbagai partner Yahoo! seperti Groupon, LivingSosial, BloomSpot, dll.

Personalisasi dan hal yang bersifat lokal adalah peluang tersendiri yang kini ingin digarap oleh Yahoo! dengan memberikan layanan Yahoo! Local, baik bagi pengguna desktop maupun bagi penguna perangkat bergerak (saat ini baru tersedia untuk pengguna iPhone dan Android). Kombinasi antara berbagai kekuatan konten yang dimiliki Yahoo! dan menghantarkannya pada publik yang tersegmentsi berdasarkan wilayah menjadi hal yang menarik untuk melihat strategi Yahoo!.

Apakah layanan ini akan juga tersedia bagi pengguna international? Yahoo! sendiri dalam blog-nya hanya menjelaskan akan menambah wilayah tempat tinggal serta kota tambahan, namun tidak menyebutkan secara spesifik akan menambah cakupan negara mana saja dalam layanan Yahoo! Local ini.

Setelah mencoba melihat tampilan serta berbagai informasi layanan Yahoo! Local, sepertinya akan menarik jika Yahoo! akan menerapkan layanan ini untuk internasional, termasuk Indonesia, di sini, meski segala informasi masih berpusat di kota besar, namun penyebaran pengguna internet di Indonesia tersebar di berbagai propinsi dan pulau, dari sana tentu banyak konten lokal yang bisa digali, malah jangan-jangan layanan ini bisa memberikan peran pada pemerataan informasi, di mana pengguna dari berbagai wilayah bisa saling mendapat dan bertukar informasi.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Fitur BUMP dari Koprol, Membantu Atau Menggangu?

Next Story

YouTube Tambahkan Lagi Durasi Maksimal Video Di Layanan Mereka

Latest from Blog

Don't Miss

Flickr Perbarui Ketentuan Terkait Layanan Premium dan Gratisannya

Yang ditunggu-tunggu oleh pengguna loyal Flickr akhirnya datang juga. Flickr
Yahoo Together Resmi Diluncurkan di Android dan iOS

Yahoo Together Menyerupai Slack, Tapi Lebih Dirancang untuk Keluarga dan Teman

Setelah mematikan Yahoo Messenger pada bulan Juli lalu, Yahoo kembali