Dark
Light

XL Dekat, Personal Tracker Tebaru Besutan XL

1 min read
October 1, 2013

Pernahkah Anda bingung dan panik, saat menjemput sang buah hati di sekolah ternyata si buyung memutuskan untuk bermain di rumah kawannya? XL akhirnya merangkul layanan khusus keluarga dimana Anda bisa saling menjaga anggota keluarga dengan mengetahui dimana mereka berada. Mereka mengenalkan sebuah gadget mini mobile GPS plus layanan bernama XL Dekat.

XL Dekat adalah sebuah device berukuran feature phone, bagian perangkat keras dan lunaknya dirancang khusus untuk fungsi utama tracking. Perangkat ini memang tidak terlihat menarik seperti sebuah smartphone pada umumnya mengingat ia ditujukan untuk kegunaan berbeda. Ia akan mengirimkan lokasi akurat anggota keluarga Anda secara akurat pada pengguna, dan informasi ini bisa diakses dari device pintar yang Anda miliki.

Apalagi yang XL Dekat miliki? Perangkat ini memiliki tombol SOS darurat dimana ia akan mengirimkan posisi koordinat saat ditekan, juga melakukan panggilan ke anggota keluarga terdekat. Terdapat pula sebuah sistem dimana Anda bisa mengatur lokasi-lokasi ‘wajib’ yang harus dihadiri pemilik device – contohnya sekolah untuk buah hati Anda, atau fisioterapi untuk para lanjut usia.

Saat alat ini tidak berada pada tempat yang seharusnya, Anda akan mendapatkan sebuah notifikasi. Anda dapat mengakses fitur geofence ini via portal XL Dekat hanya dengan mengaksesnya via layar sentuh smartphone.

Sang General Manager Machine to Machine XL, Arkav Juliandri, menjelaskan alasan mereka memulai layanan ini, “Kami ingin layanan ini dikenalkan langsung ke komunitas. Kami menyasar konsumen yang berbeda karena kegunaannya yang sangat berhubungan erat dengan kebutuhan kaum Ibu akan kenyamanan dan keamanan buah hati.” Dari penjelasan lebih lanjut, layanan XL Dekat ditujukan pada target pasar  yang cukup khusus: ibu rumah tangga, wanita karier dan para orang tua yang sibuk.

Normalnya device XL Dekat dibanderol seharga Rp 1.054.000 dengan biaya berlangganan Rp 38.500 per bulan, namun ia ditawarkan dengan harga Rp 880.000 selama masa promosi. Anda juga akan mendapatkan gratis kuota 50Mb dan akses layanan portal XL Dekat selama dua bulan. Layanan ini telah dimulai semenjak bulan September lalu, dan Anda dapat membelinya di XPLOR Central Park, XPLOR Senayan City, XL Center Kelapa Gading, XL Center Pondok Indah, dan XL Center Puri Indah, Jakarta.

Mungkinkah XL akan mengembangkan fitur ini dan menyajikannya hanya dalam sebuah aplikasi yang terinstal dalam smartphone? Mayoritas orang – termasuk manula dan pelajar SD – sudah memiliki device pintar mereka sendiri, bukankah akan lebih praktis jika kemampuan ini benar-benar disajikan secara software? Si buyung mungkin kurang tertarik membawa-bawa XL Dekat karena ia tidak bisa bermain Plants vs Zombies dengannya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Aplikasi Mobile Rumah.com Raih 1 Juta Unduhan

Next Story

LiburanLokal dan SabangMerauke Kerjasama Untuk Program Peta Siar Nusantara

Latest from Blog