Dark
Light

XL Axiata Mulai Gabungkan Paket Datanya dengan Pembelian Konten

1 min read
June 5, 2014

Salah satu highlight yang kami tangkap peluncuran kartu prabayar XL Axiata (XL) yang baru adalah usaha operator terbesar kedua di Indonesia ini untuk menggabungkan paket data dengan pembelian konten. Paket data kini tidak hanya bernama HotRod saja, tetapi juga HotRod Play untuk yang di-bundle dengan paket pembelian permainan dan HotRod Music untuk yang digabungkan dengan paket berlangganan layanan streaming musik.

Seperti informasi yang kami terima, paket HotRod Play memudahkan pengguna Android untuk membeli sejumlah permainan populer, termasuk yang tersedia di toko aplikasi milik XL sendiri, yaitu Gudang App. Sementara paket HotRod Music menggandeng Guvera untuk memberikan layanan streaming musik kepada pengguna XL tanpa memusingkan cara pembayaran, jika tidak memiliki kartu kredit, karena secara pembayaran dilakukan secara carrier billing (atau dalam bahasa awamnya “potong pulsa”).

Satu hal yang menarik, Guvera sampai berani memberikan paket langganan harian bagi konsumen XL. Sesuatu yang bahkan tidak diberikan jika berlangganan langsung melalui aplikasinya.

Langkah ini tentu saja strategis bagi XL yang ingin terus menggenjot pendapatan dari sektor digital yang perlahan-lahan makin mengambil porsi perolehan XL dari bisnis tradisionalnya (telepon dan SMS). Menurut data yang kami peroleh rata-rata pendapatan yang diperoleh dari sisi digital sudah menyumbang sekitar 15-20% dari total pendapatan operator seluler dan terus bertambah.

Dengan fokus seperti ini, seharusnya tidak ada lagi alasan bagi pengguna smartphone untuk tidak memulai mencoba membeli atau berlangganan produk digital.

Saya sendiri tidak akan heran jika nantinya XL akan terus membungkus paket data HotRod dengan layanan digital lainnya. Dengan total konsumen (dari dua operator) mencapai sekitar 60 juta pelanggan, “modal” yang dimiliki oleh XL bisa mendorongnya untuk melakukan monetisasi segmen digital dengan lebih masif.

Paket e-commerce misalnya, bisa membantu XL mendorong pembelian melalui Elevenia, termasuk mendorong penggunaan XL Tunai, sebagai ujung tombak bisnis e-commerce XL yang merupakan hasil kerja sama dengan SK Planet Korea Selatan. Dan seperti di Amerika Serikat, paket data nantinya malah bisa mendapat bonus paket berbicara dan paket SMS yang lebih atraktif untuk mendorong konsumsi dua produk tradisional yang makin melemah.

Paket data kini adalah raja dan tambang emas bagi bisnis operator seluler. Semua produk dari operator nantinya akan berputar dan dikombinasikan terhadap paket data ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Pengembang Lokal Sambut Positif Bahasa Pemrograman Swift untuk iOS dan OS X

Next Story

Rencana Pengembang Permainan Artoncode Setelah Investasi dari Emtek

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri

XL Axiata Gandeng Ericsson untuk Implementasikan Dual-Mode 5G Core

XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson untuk mengimplementasikan solusi Dual-Mode