8 August 2022

by Daniel Hamiaz

Build Xinyan Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

“Xinyan’s the name, an’ Rock n’ Roll’s the game. And I’m the only one who plays it in Liyue Harbor” -Xinyan.

Xinyan Genshin Impact merupakan karakter yang jarang digunakan. Cara penggunaannya sering disalahpahami, karena buruknya desain gameplay yang ia punya, sehingga membingungkan pemain yang tertarik untuk bermain Xinyan. Namun, apakah Xinyan seburuk itu? Apakah ada cara untuk memaksimalkan potensinya? Simak panduannya berikut ini.

Build Xinyan Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Xinyan

Xinyan merupakan karakter B4 Pyro dengan senjata claymore. Ia bisa digunakan sebagai main DPS, sub DPS, hingga Support. Secara konsep, Xinyan merupakan karakter yang bagus, namun pada prakteknya, ia memiliki banyak kekurangan, tanpa ada ciri khas yang menonjol. Ia juga pertama kali dirilis bersama Zhongli dan Diona, yang masih termasuk ke dalam kategori shielder.

Shield Zhongli dikenal sangat keras, sehingga ia dikenal sebagai shielder terkuat di Genshin Impact, sedangkan walau Diona tidak memiliki shield yang sekuat Zhongli, ia masih bisa menawarkan banyak manfaat melalui skill dan Konstelasinya. Sayangnya untuk Xinyan, ia hanya akan menghasilkan damage.

Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan Xinyan kurang dilirik dibandingkan karakter lain adalah karena Xinyan memakai split-scaling. Istilah ini digunakan saat sebuah karakter memakai dua stat (atau lebih). Dalam kasus ini, Xinyan membutuhkan stat ATK dan DEF.

Contoh karakter lain yang memakai split-scaling adalah Albedo. Namun split-scaling yang Albedo miliki tidaklah terlalu menghambat performanya, karena gameplay-nya yang tugasnya hanya memberikan damage. Berbeda dengan Xinyan, yang jika ingin mendapatkan damage yang besar, Anda harus memberikan ATK setinggi-tingginya, sedangkan jika ingin mendapatkan shield yang kuat, Anda harus memberikan stat DEF sebanyak-banyaknya.

Jika tidak demikian, maka tentu performa yang ia hasilkan, akan biasa saja, atau malah cenderung tidak berasa. Belum lagi mekanik pembentukan shield dengan sistem tingkat, yang membutuhkan musuh terdekat, menyebabkan ketahanan shield yang tidak konsisten. Konstelasi yang dimilikinya pun tidak menyelesaikan masalah ini.

Elemental Skill - Sweeping Fervor

Xinyan akan memberikan Pyro DMG kepada musuh sekitar, lalu membentuk sebuah shield untuk karakter aktif. Ketahanan shield ini tergantung dari musuh yang terkena serangan Pyro tersebut.

  • Jika terkena 0-1 musuh: Shield level 1.
  • jika terkena 2 musuh: Shield level 2.
  • Jika terkena >2 musuh: Shield Level 3. Shield level tiga ini juga akan menyemburkan api, yang memberikan Pyro DMG secara berkala.

Elemental Burst - Riff Revolution

Saat diaktifkan, Xinyan akan memberikan Physical DMG kepada musuh sekitar, lalu diikuti dengan Pyro DMG dengan damage-over-time (DoT).

Talenta Pasif 1: "The Show Goes On, Even Without an Audience ..."

Jumlah musuh yang dibutuhkan untuk pembentukan shield dari Elemental Skill dikurangi, menjadi:

  • Jika terkena 0-1 musuh: Shield level 2.
  • jika terkena >1 musuh: Shield level 3.

Talenta Pasif 2: "... Now That's Rock 'N' Roll!"

Selama shield Xinyan masih ada, karakter aktif mendapatkan +15% Physical DMG Bonus.

Talenta Pasif 3: A Rad Recipe

Ada peluang 12% untuk mendapatkan ekstra porsi makanan yang menambah DEF atau ketahanan shield, saat memasak menggunakan Xinyan

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill.

Konstelasi

Secara sederhana, konstelasi Xinyan dapat dijelaskan seperti berikut:

Konstelasi Penting: C2 & C4.

C1: Saat melakukan Crit, ATK SPD Normal Attack & Charged Attack Xinyan +15% selama 5 detik. Dapat terpicu setiap 5 detik sekali.

C2: Elemental Burst akan selalu menghasilkan damage Crit, dan akan membentuk shield level 3 setelah Elemental Burst diaktifkan.

C3: Elemental Skill bertambah 3 level.

C4: Musuh yang terkena damage Elemental Skill, Physical RES akan berkurang sebesar 15% selama 12 detik. Damage yang memicu efek ini bukanlah dari efek DoT Pyro.

C5: Elemental Burst bertambah 3 level.

C6: Konsumsi Stamina Xinyan saat melakukan Charged Attack berkurang 30%. Lalu, Charged Attack-nya juga akan mendapatkan tambahan ATK sebesar 50% dari stat DEF-nya.

Artifact

Karena damage Xinyan sebagian besar bertipe Physical, tentunya Bloodstained Chivalry dan Pale Flame merupakan pilihan yang bagus. Namun sayangnya, efek 4 set dari kedua Artifact ini sangatlah bergantung dengan kondisi yang dihadapi. Sehingga, kombinasi 2-pc Artifact dari Bloodstained Chivalry, Pale Flame, Gladiator's Finale, atau Noblesse Oblige, lebih disarankan. Prioritaskan substat terlebih dahulu, barulah set bonus Artifact!

Sebagai  shielder, Xinyan masih mampu memanfaatkan 4 Tenacity of the Millelith, walaupun itu juga tergantung dari apakah Xinyan bisa menghasilkan shield level 3 miliknya. 4 Noblesse Oblige juga bisa dipakai, jika tidak ada karakter lain yang menggunakannya.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK% / DEF% (khusus Shielder atau C6).
  • Goblet: Physical DMG Bonus% / DEF% (khusus Shielder).
  • Circlet: Crit Rate% (Crit DMG jika memiliki C2) / DEF% (khusus Shielder).

Prioritas sub stat:  Crit Rate/DMG% (Crit DMG lebih diprioritaskan saat memiliki C2) > ER% > ATK% > DEF%(Prioritas pertama sebagai shielder).

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Salah satu konstelasi Xinyan yang mampu mengubah cara bermain dan build-nya adalah C2, yang memastikan damage Physical dari Elemental Burst akan selalu menghasilkan damage Critical. Anda bisa menggunakan Redhorn Stonethresher sebagai memaksimalkan efek ini. Selain itu, efek pasif senjata ini bisa Xinyan manfaatkan, saat ia menyentuh C6.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan antara Wolf's Gravestone, Song of Broken Pines, Skyward Pride, The Unforged, Akuomaru atau Serpent Spine dari Battle Pass.

Untuk pilihan senjata F2P-nya, Anda bisa menggunakan Luxurious Sea-Lord, Blackcliff Slasher, Snow-tombed Starsilver, atau Prototype Archaic. Jika Anda membutuhkan Energy Recharge, Anda bisa menggunakan Favonius Greatsword atau Sacrificial Greatsword. Dengan C2 Xinyan, efek Favonius Greatsword akan lebih mudah diaktifkan, sehingga dapat membantu menghasilkan partikel energi untuk Xinyan dan tim.

Komposisi Tim

Selain mampu menghasilkan damage Physical yang cukup oke, Xinyan juga mampu meningkatkan Physical DMG karakter yang berada di dalam shield-nya. Hal ini bisa dimanfaatkan karakter seperti Eula sebagai DPS Physical. Untuk karakter sisanya, Anda bisa mengisi karakter-karakter yang bertugas membantu Eula, seperti Fischl, Diona, atau Rosaria.

Selain Eula, Razor juga bisa dipasangkan dengan Xinyan. Melalui C4 Razor dan  Xinyan, DEF dan Physical RES musuh akan berkurang cukup banyak. Hanya saja perlu diingat bahwa saat memasangkan Razor dan Xinyan, reaksi Overload kemungkinan besar akan terpicu. Reaksi elemen Pyro dan Electro ini akan menyebabkan musuh berukuran kecil terpental, sehingga akan menyusahkan Razor yang harus mengejar musuh tersebut.

Untuk karakter lain, Anda bisa memilih karakter-karakter lain yang bisa membantu Razor, seperti Xingqiu, Diona, atau Rosaria.

Salah satu shielder budget yang bisa Xiao manfaatkan adalah Xinyan. Shield Xinyan dapat melindungi Xiao saat ia berada di udara. Untuk karakter lain di tim ini, Anda bisa menggunakan Anemo Battery seperti Sucrose, dan Bennett sebagai healer dan buffer. Selain itu, Bennett dan Xinyan bisa mengaktifkan Pyro Resonance di tim ini.

Salah satu contoh komposisi tim yang bisa Anda gunakan jika ingin memakai Xinyan sebagai main DPS adalah dengan menggunakan Xinyan, Rosaria, Fischl / Raiden Shogun, dan Bennett. Tim ini akan memanfaatkan reaksi Superconduct, dan juga buff Bennett, untuk menghasilkan damage Xinyan sebanyak-banyaknya. Jika Xinyan menyentuh C6, mereka juga bisa meningkatkan damage Charged Attack Xinyan.

Fischl digunakan sebagai sub DPS dengan potensi damage yang tinggi, sedangkan Raiden Shogun untuk meningkatkan damage Elemental Burst, serta mengisi energi 1 tim. Gunakan salah satu dari kedua karakter ini yang lebih cocok dengan yang Anda butuhkan.

Tips Xinyan Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. C6 Xinyan memiliki sebuah trik yang bisa meningkatkan damage Elemental Burst-nya. Walaupun ditulis di keterangan C6 bahwa hanya akan meningkatkan damage Charged Attack, namun yang sesungguhnya terjadi adalah, saat Xinyan melakukan Charged Attack, 50% dari stat DEF-nya akan dikonversi menjadi stat ATK.

Anda bisa melakukan Charged Attack sekali, lalu lakukan cancelling dengan mengaktifkan Elemental Burst. Dengan demikian, damage dari Elemental Burst akan memanfaatkan konversi yang diterima dari C6 Xinyan.

  1. Dengan adanya C4, pastikan pakai Elemental Skill sebelum mengaktifkan Elemental Burst Xinyan. Hal ini untuk memaksimalkan damage Physical Xinyan saat mengenai musuh yang Physical RES-nya berkurang.

  2. Bennet memang merupakan pasangan yang tepat untuk Xinyan. Namun, perhatikan konstelasi Bennet Anda. Jika Bennet menyentuh C6, maka sebaiknya Anda tidak memasangkan Bennet dengan Xinyan, apalagi jika Anda bermain Charged Attack Xinyan.

Ketidaksinkronan ini disebabkan karena setiap serangan Normal Attack, Charged Attack dan Plunge Attack Xinyan, akan dikonversi Bennet menjadi Pyro DMG, ketimbang Physical DMG, sehingga menihilkan semua bentuk bonus DMG Physical Xinyan.

Penutup

Untuk sekarang, kondisi Xinyan cukup diacuhkan oleh sebagian besar pemain Genshin Impact. Selain karena gameplay-nya yang kurang sinergis, desainnya secara visual juga tidak terlalu menarik dibandingkan dengan karakter lain. Belum lagi Genshin Impact terus memperkenalkan karakter-karakter baru, yang lebih segar, sehingga Xinyan semakin tertinggal.

Namun demikian, pengenalan karakter baru, senjata atau Artifact di masa yang akan datang, juga bisa meningkatkan kekuatan Xinyan, baik secara langsung atau tidak langsung. Contohnya seperti senjata Luxurious Sea-Lord yang bisa didapatkan secara gratis dari Event.

Xinyan bisa menghasilkan damage yang besar, jika dimainkan dan di-build dengan benar. Secara stat, Xinyan memiliki base Attack dan multiplier Charged Attack yang tinggi untuk ukuran karakter B4. Dengan bantuan Artifact dan tim yang solid, Xinyan Anda pasti bisa menghasilkan performa yang bagus. Hanya sayang, ia hanya terjegal oleh split-scaling dan desain gameplay yang HoYoverse berikan.

--

Itulah tadi guide Xinyan Genshin Impact yang bisa Anda praktekkan agar jadi lebih baik. Selamat mencoba.