Dark
Light

Dibekali AI, Xiaomi Qin Adalah Ponsel Jadul yang Naik Kelas

1 min read
August 6, 2018

Banyak orang beranggapan bahwa era ponsel feature telah berakhir menyusul banjirnya perangkat smartphone dari berbagai merek. Tapi Xiaomi secara mengejutkan justru seolah “pasang badan” untuk menepis anggapan itu dengan menginisiasi proyek patungan pengembangan ponsel feature bernama Qin.

Diperkenalkan di Tiongkok, Qin lahir dari proyek penggalangan dana yang dirancang oleh Xiaomi dan dibantu oleh Shenzhen Duojia Technology Co. Ltd di bagian pengapalan. Xiaomi Qin pada dasarnya adalah ponsel feature yang disempurnakan dengan tambahan fitur-fitur modern, seperti kemampuan AI, sistem operasi berbasis Android, VoLTE dan juga USB tipe C yang bahkan belum diadopsi merata oleh smartphone.

qin_3

Xiaomi Qin ditawarkan dalam dua model, Qin 1 dan Qin 1s. Di antara keduanya, Xiaomi Qin 1 adalah perangkat yang paling murah. Model ini menggunakan prosesor MediaTek MT6260A yang memiliki satu inti CPU ARM7. RAM dan penyimpanan dibatasi hanya sebesar 8MB dan 16MB. Dengan dukungan yang dibatasi, rasanya kapasitas ini dirasa sudah lebih dari cukup.

Tidak ada konektivitas LTE dan GPS yang ditawarkan oleh Qin 1, sebagai gantinya ada dukungan Bluetooth v4.2 dan Wi-Fi. Model ini memiliki kapasitas baterai 1,480mAh yang terbilang sangat memadai.

Model yang lebih tinggi, Xiaomi Qin 1s menjalankan prosesor dua core Cortex-A53 dalam chipset Spreadtrum SC9820, bersama dengan RAM sebesar 256MB dan memori internal 512MB. Karena lebih mahal, Xiaomi menawarkan konektivitas ekstra seperti GPS dan VoLTE.

img

Baik Qin 1 ataupun Qin 1s memiliki layar 2,8 inci beresolusi 240 x 320 piksel sederhana, dikemas dengan keyboard fisik dan dimensi body 132 x 53,8 x 8,5 mm. Sayangnya, kedua model Qin di atas tidak memiliki bekal kamera baik di depan ataupun belakang. Xiaomi juga menghilangkan dukungan audio jack 3,5mm yang secara otomatis juga mengeliminasi dukungan headset konvensional untuk hiburan musik atau sejenisnya.

Keduanya mengadopsi sistem operasi Nucleus OS berbasiskan Android. Namun Xiaomi menyebut ada versi Android forked yang disebut Mocor 5 yang juga akan dapat menjalankan fungsi AI seperti terjemahan suara real-time dalam 17 bahasa yang berbeda dan menjawab beberapa pertanyaan.

screenshot-youpin.mi.com-2018-08-06-09-58-53

Xiaomi Qin 1 dan Qin 1s akan tersedia pada tanggal 15 September dalam balutan warna putih atau hitam.

Sumber berita Mi.

Previous Story

INKAS Upgrade Mercedes-Benz G63 AMG Dengan Body ‘Anti-Sniper’ dan Interior Super-Mewah

xiaomi-umumkan-mi-notebook-pro-2-1
Next Story

Xiaomi Umumkan Mi Notebook Pro 2 Dalam 4 Konfigurasi, Harga Mulai Rp14 Jutaan

Latest from Blog

Don't Miss

Di-Bawah-3-Juta,-Pilih-Tecno-Pova-6-Atau-Xiaomi-Redmi-Note-13-5G

Di Bawah 3 Juta, Pilih Tecno Pova 6 Atau Xiaomi Redmi Note 13 5G?

Bingung memilih smartphone baru karena budget terbatas? Jangan khawatir, karena

Xiaomi 14T Series akan Rilis 1 Oktober di Indonesia, Ada dua Varian

Penggemar perangkat Xiaomi bisa mulai mempersiapkan diri, akan ada perangkat