Xiaomi Pad 6 Resmi Hadir di Indonesia, Masih di Bawah 5 Juta

Xiaomi resmi memasukkan tablet baru mereka di Indonesia. Ternyata selain memiliki harga terjangkau, perangkat ini kencang dan juga adem

Kegiatan bekerja dan belajar di rumah paska pandemi COVID 19 ternyata masih dilakukan oleh beberapa orang. Namun yang pasti, karena pandemi tersebut pula banyak yang menginginkan sebuah perangkat portabel yang digunakan untuk bekerja dan mengakses konten hiburan. Memiliki sebuah laptop akan menjadi harga yang cukup mahal serta smartphone memiliki layar yang kecil. Oleh karena itulah, penjualan tablet cukup meroket hingga saat ini.

Memenuhi kebutuhan tersebut, Xiaomi akhirnya kembali meluncurkan tabletnya di Indonesia. Nama dari tablet tersebut adalah Xiaomi Pad 6. Xiaomi Pad 6 adalah tablet yang menawarkan desain ramping dan ringan dengan ketebalan 6,51mm dan bobot 490g. Tablet ini juga memiliki sebuah keunikan di mana mendukung USB 3.2 Gen 1 yang memiliki banyak fungsi dan kecepatan yang lebih tinggi. Hal ini berarti Xiaomi Pad 6 mampu dihubungkan dengan monitor.

Xiaomi Pad 6 juga memiliki layar berukuran 11" dengan resolusi WQHD+ atau 2880 x 1800 dan refresh rate hingga 144Hz. Layarnya ini masih menggunakan panel IPS dengan perlindungan Gorilla Glass 3. Untuk hiburan, tablet ini juga memiliki Dolby Vision dan Quad Speakers dengan teknologi Dolby Atmos. Baterai pada perangkat ini sudah memiliki kapasitas besar, yaitu 8840 mAh dan dapat diisi ulang dengan fast charging 33 watt.

Untuk aksesorisnya, Xiaomi Pad 6 juga diperkuat dengan Xiaomi Smart Pen generasi ke-2 yang sudah ditingkatkan dengan latency rendah 12ms dan ketahanan baterai hingga 150 jam. Selain itu, ada pula Xiaomi Pad 6 Keyboard yang bisa digunakan langsung tanpa baterai tambahan saat dihubungkan ke tabletnya.

Dari sisi software, MIUI 14 tablet sudah dilengkapi dengan kemampuannya untuk menampilkan 4 jendela sekaligus. Hal ini tentu saja bagus untuk melakukan multitasking. Dari sisi build-nya, perangkat ini menggunakan seamless aluminium alloy unibody design yang terasa kokoh saat dipegang.

Spesifikasi Xiaomi Pad 6 yang datang ke Indonesia menggunakan SoC Snapdrago 870. Untuk RAM dan penyimpanan internalnya memiliki kapasitas 8 GB dan 256 GB. Konfigurasi kameranya adalah 13 MP pada modul belakangnya dan 8 MP pada bagian depannya.

Xiaomi menjual tablet yang satu ini dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp. 4.999.000. Untuk keyboard dan Smart Pen-nya, dijual masing-masing dengan harga Rp. 999.000. Xiaomi juga menjual bundle dengan salah satu antara keyboard atau pen dengan harga Rp. 5.748.000. Untuk bundling lengkap, harga yang ditawarkan adalah Rp. 6.497.000.

Mencoba kinerjanya

Selain melihat tablet secara keseluruhan, tentu saja tidak pas rasanya jika tidak melakukan benchmarking. Pada acara yang diadakan di restoran Pasola Ritz Carlton Pacific Place pada tanggal 8 Agustus 2023, saya pun diberikan 1 tablet untuk diulik. Tentunya, aplikasi Antutu 10 selalu saya bawa sehingga dapat dengan mudah melakukan benchmarking cepat. Berikut adalah hasilnya

Angka yang menyentuh 800.000 pada Antutu 10 sudah menjamin bisa menjalankan semua aplikasi dan game pada sistem Android. Yang lebih menyenangkan lagi adalah suhu saat pengujian yang bahkan tidak mencapai 34°C. Tentu saja penggunaannya akan menjadi lebih nyaman karena memang tablet ini cukup adem saat dipakai.