Pelatih PSG.LGD xiao8 Bebas dari Tudingan Kasus Pengaturan Skor

Kasus ini bermula ketika xiao8 membawa komposisi draft yang tidak biasa di final TI10.

Salah satu nama besar di skena Dota 2, xiao8, baru saja mendapatkan kabar baik. Sang pelatih PSG.LGD resmi bebas dari tudingan kasus pengaturan skor pasca kekalahan timnya melawan Team Spirit di TI10.

Berkat lepasnya kasus pengaturan skor, pihak PSG.LGD juga membersihkan nama xiao8 melalui laman Weibo miliknya. Sebelumnya xiao8 mendapatkan rumor tersebut karena draft yang tidak biasa pada grand final TI10.

Sumber: The International

Untuk menyelidiki kasus, xiao8 terkena penangguhan melatih selama 30 hari oleh pihak Valve.

PSG.LGD juga mengumumkan beberapa hal pasca selesainya kasus xiao8, antara lain:

"Investigasi dari Supervision Center diawasi dan dibimbing langsung oleh departemen keamanan publik dan hasil dari investigasi adalah sebagai berikut:

  1. Anggota klub cabang Dota 2 kami (PSG.LGD) tidak memiliki niat untuk merusak keadilan dari jalannya pertandingan dan tidak berusaha merusak pertandingan dengan perilaku yang tidak sportif.

  2. Setelah selesainya TI10, pandangan negatif tentang Zhang Ning (xiao8) yang dimunculkan di internet tidak terbukti benar."

Sumber: The International

Sebelumnya, pihak PSG.LGD juga meminta bantuan dari Valve dalam proses investigasi. Rekaman baik dalam bentuk audio maupun video di pertandingan krusial yang melibatkan xiao8 bisa dipakai dalam penyelidikan.

Rekaman ini digunakan untuk melihat apakah xiao8 sengaja membuat kekalahan dari segi draft. Dengan hasil investigasi yang sudah selesai dilakukan, xiao8 kini siap kembali bertugas.

Akibat selesainya tudingan ini banyak fans Tiongkok yang senang karena kasusnya tidak terbukti. Apalagi menghadirkan kontroversi di tengah meningkatnya performa dari PSG.LGD.

Beberapa fans juga meminta pihak berwajib untuk menyelidiki awal rumor kasus ini dari mantan istri xiao8. Investigasi lebih lanjut kepada mantan istri xiao8 tentu akan memberikan tindakan disiplin mengenai pencemaran nama baik.

Apalagi xiao8 sudah melatih banyak tim dan sempat membawa EHOME kembali ke performa yang lebih baik sebelum akhirnya pindah. Sejauh ini, fans melihat PSG.LGD bisa kembali bertanding untuk merebut gelar juara The International.

Sumber: The International

Dari segi roster DPC 2021-22, PSG.LGD tidak merubah satu pun pemain pada timnya meski menelan kekalahan melawan Team Spirit. Dengan lepasnya kasus ini, tentu xiao8 bisa kembali bekerja dengan tenang tanpa adanya isu-isu negatif yang berhembus.