21 February 2019

by Glenn Kaonang

Ikuti Tren, Xiaomi Umumkan Smart Display Berukuran Mini

Entah kebetulan atau tidak, wujud dan fungsinya mirip sekali dengan Lenovo Smart Clock

Merasa pernah melihat gambar di atas? Itu karena Anda pernah membaca artikel mengenai Lenovo Smart Clock, yang baru saja diungkap pada bulan Januari kemarin. Bukan, gambar di atas bukanlah perangkat besutan Lenovo tersebut, melainkan smart display terbaru garapan Xiaomi.

Namanya Xiao Ai Touchscreen Speaker Box, dan kemiripannya dengan Lenovo Smart Clock mungkin hanya sebatas kebetulan. Juga seperti Lenovo Smart Clock, ia dilengkapi layar berukuran empat inci. Kebetulan lagi? Mungkin saja, tapi yang pasti layar ini dapat dipakai untuk memutar video maupun konten lainnya, di samping sekadar menjadi penunjuk waktu.

Konten-konten yang dimaksud tentu adalah yang berasal dari layanan-layanan di dataran Tiongkok. Sejauh ini belum ada informasi terkait ketertarikan Xiaomi untuk merilis versi internasionalnya.

Juga masih belum jelas adalah software yang menenagainya; apakah Android Things, lalu apakah asisten virtual-nya menggunakan Google Assistant atau bikinan Xiaomi sendiri? Yang sudah dikonfirmasi, perangkat ini dapat digunakan untuk mengontrol beragam perangkat smart home bikinan Xiaomi, termasuk menampilkan apa yang ada di balik kamera sebuah video doorbell.

Detail yang masih minim sebenarnya merupakan hal yang wajar mengingat perangkat ini belum punya jadwal pemasaran. Yang ada baru rencana untuk memulai tahap open beta, yang dijadwalkan berlangsung pada 28 Februari mendatang.

Saya pribadi cukup tertarik dengan perangkat ini, apalagi mengingat harganya sudah pasti sangat terjangkau sebagai sebuah Xiaomi. Semoga saja Xiaomi tergerak untuk merilis versi internasionalnya, dan semoga versi tersebut datang mengusung OS Android Things beserta integrasi Google Assistant.

Sumber: Engadget.