31 March 2016

by Bambang Winarso

Diadopsi oleh 270 Juta Perangkat, Windows 10 Makin Perkasa

Selain mengungkap angka adopsinya, Microsoft juga mengumumkan ketersediaan update

Microsoft kembali mengungkapkan pencapaian baru sistem operasi terbarunya, Windows 10 yang diklaim telah terpasang di lebih dari 270 juta perangkat. Menjadi sistem operasi yang tumbuh paling cepat dalam sejarah Windows.

Pengumuman pencapaian baru ini disampaikan oleh Terry Myerson ketika berada di atas panggung dalam ajang Microsoft Build 2016 yang berlangsung di San Fransisco. Dalam pernyataaannya, Terry juga mengatakan bahwa 500 perangkat baru telah dibuat khusus untuk Windows 10, dan telah menghabiskan 75 juta jam penggunaan, menandakan pengguna merasa puas dengannya.

Mengingat kembali perjalanan Windows 10, di 24 jam peluncurannya, ia telah diinstal di lebih dari 14 juta perangkat PC. Empat minggu berselang, lompat ke 75 juta dan menyentuh 110 juta enam minggu kemudian. Kemudian di enam bulan usia peluncuran, Windows 10 diklaim terpasang di 200 juta perangkat di seluruh dunia.

Dalam grafik ini terlihat bahwa adopsi Windows 7 dan Windows 7 relatif berada dalam pola grafik yang relatif sama. Kendati di enam bulan setelahnya, sangat jelas terlihat Windows 7 jauh lebih sukses ketimbang penerusnya. Faktor dilepasnya Windows 10 secara cuma-cuma menjadi salah satu penyebab tingginya adopsi sistem operasi sejak hari pertama. Selain berbagai faktor lainnya, agresivitas Microsoft dalam mendorong adopsi Windows 10 berperan paling besar.

Di kesempatan yang sama Microsoft juga merilis Anniversary Update yang segera dapat diunduh pada bulan Mei atau paling lambat Agustus 2016. Beberapa hal baru yang dihadirkan, antara lain:

Fitur yang pertama, adalah dukungan Windows Hello untuk biometrik ke aplikasi dan juga peramban Microsoft Edge. Tujuannya sudah barang tentu agar pengguna makin memperoleh perlindungan yang optimal tapi tetap mengedepankan kemudahan.

Kedua, Microsoft memungkinkan Windows Ink terintegrasi ke berbagai aplikasi, seperti Maps, Edge, dan Office.

Ketiga, Microsoft juga melakukan rombakan penting ke fitur Cortana. Di mana kini ia mendukung lebih dari 1000 aplikasi dan kemampuan tambahan baru guna menghadirkan performa yang lebih baik.

Sumber berita Windows.