31 July 2022

by Adi Nawan

Pemutar Musik Legendaris Winamp Akhirnya Resmi Dirilis di 2022

Ada berbagai fitur baru yang diusung oleh Winamp baru ini.

Winamp kembali dirilis di tahun 2022. Apa sajakah yang berbeda dibanding versi jadulnya?

Tidak terasa, 9 tahun telah berlalu sejak pemutar musik Winamp resmi dimatikan oleh sang pengembang, Nullsoft. Dan pada tahun 2021 lalu, Winamp sempat membuat ramai jagat maya saat mereka mengatakan bahwa mereka akan kembali.

Namun sayangnya, selama berbulan-bulan tidak ada informasi baru mengenai Winamp baru ini. Dan tiba-tiba mereka membuat kejutan dengan mengumumkan bahwa versi terbaru dari aplikasi pemutar musik Winamp tersebut kini sudah siap untuk diunduh.

Melalui akun Twitter resminya,

">@Winamp mengumumkan bahwa versi terbaru dari aplikasi mereka yaitu Winamp 5.9 kini sudah tersedia untuk di unduh melalui website forum mereka yang juga menyertakan berbagai detail mengenai perubahan dan hal baru yang ada di aplikasi ini.

Dalam deskripsinya, sang pengembang juga menjelaskan bahwa aplikasi ini merupakan puncak dari apa yang telah mereka kerjakan selama 4 tahun ke belakang. Disebutkan juga bahwa aplikasi ini dikerjakan oleh dua tim pengembang, dengan adanya periode jeda yang disebabkan pandemi.

Untuk versi terbarunya itu, Winamp 5.9 RC1 telah dibangun dengan kompatibilitas di Windows 11. Mereka kini melakukan migrasi aplikasinya dari Visual Studio 2008 ke Visual Studio 2019. Yang menjanjikan akan hadirnya berbagai improvisasi dan fitur baru di versi selanjutnya.

Tidak ada perubahan besar dari sisi tampilannya, namun Winamp baru kini mendukung lebih banyak format file seperti vp8, https://streams, itz, mdz, s3z dan xmz. Fitur baru lain yang juga dibawa oleh versi baru Winamp ini adalah hadirnya Podcast Directory.

Image Credit: ghacks.net

Namun sayangnya migrasi Winamp ke platform baru ini juga masih belum mulus. Ada beberapa konsekuensi yang harus dihadapi seperti aplikasinya yang kini tidak lagi mendukung PC dengan OS Windows XP dan Vista. Kemudian beberapa skin lama Winamp kini juga telah dihapus.

Selain itu ada beberapa masalah yang hadir di versi terbaru ini. Salah satunya adalah beberapa plugin tambahan yang kini menjadi tidak kompatibel atau bahkan tidak dapat dijalankan. Namun tim pengembang menyebut bahwa banyak permasalah tersebut akan diperbaiki di update 5.9.1 mendatang.

Update masa depan tersebut juga akan membawa lebih banyak dukungan format file seperti MKV, opus, ogv/ogm, TS, H.265, HLS, VP9. dan lain-lain. Untuk mengunduh Winamp 5.9 RC1 dan membaca detail lengkap mengenai aplikasinya Anda bisa langsung menuju website forum resmi Winamp.