27 August 2015

by Oki Rosgani

Wileyfox Rilis Dua Model Smartphone, Usung Cyanogen OS

Nama Wileyfox mungkin masih terdengar asing bagi telinga kebanyakan pengguna smartphone di tanah air, pasalnya ia merupakan perusahaan startup asal Inggris yang tahun lalu baru mendapatkan pendanaan dari perusahaan bernama VentureSpring, perusahaan yang sebelumnya juga mendanai proyek serupa untuk perusahaan bernama Kazam yang kini menjadi produsen smartphone di kawasan Inggris.

Dan kini, Wileyfox telah memperkenalkan dua produk smartphone jagoan baru mereka. Kendati dijejali dengan spesifikasi yang lumayan tinggi, kedua smartphone yang masing-masing memiliki nama Storm dan Swift itu ditujukan untuk menyasar pasar smartphone kelas mid-range.

Kedua smartphone tersebut berjalan dengan Cyanogen OS, platform yang juga dikembangkan dengan basis Android OS ini sama dengan apa yang pernah dimiliki oleh smartphoneOnePlus One (versi pertama), namun kini OnePlus telah memiliki custom ROM buatannya sendiri bernama Oxygen OS.

Storm hadir dengan bentangan layar Full HD 5.5 inci, diotaki dengan prosesor Snapdragon 615 besutan Qualcomm yang bisa digeber hingga clock-speed 1.5GHz, smartphone yang juga dijejali dengan RAM 3GB dan didukung dengan kapasitas penyimpanan internal 32GB ini juga memiliki slot memory tambahan yang bisa dijejali dengan kartu memori microSD hingga 128GB.

Info Menarik: SmartHalo Beri Fitur Pintar di Sepeda Biasa

Sedangkan Swift hadir dengan bentang layar yang lebih kecil dari Storm yakni hanya berukuran 5 inci saja. Smartphone Swift diotaki dengan prosesor Snapdragon 410 besutan Qualcomm yang bisa berlari hingga kecepatan 1,2GHz, didukung dengan RAM 2GB serta kapasitas penyimpanan internal sebesar 16GB yang dapat ditambah melalui kartu microSD hingga kapasitas 32GB.

Selain spesifikasi di atas, untuk kamera kedua smartphone ini juga memiliki kemampuan kamera yang berbeda, smartphone Storm hadir dengan modul lensa Sony EXMOR IMX220 BSI berkemampuan 20 megapiksel untuk kamera belakang dan kamera 8 megapiksel di bagian depan. Sedangkan model Swift hadir dengan modul kamera besutan Samsung berkemampuan 13 megapiksel sebagai kamera utamanya, sedangkan di bagian depan terdapat kamera 5 megapiksel.

Info Menarik: Dijual $140, Smartphone Tiongkok Smartisan U1 Siap Susul Jejak Xiaomi

Kendati keduanya memiliki kapasitas baterai yang sama, yakni 2,500 mAh, namun smartphone Wileyfox Storm memiliki baterai yang tidak dapat dilepas (non-removable) karena mengusung desain unibody, sedangkan versi untuk smartphone dengan nama model Swift memiliki baterai yang dapat dilepas. Kedua smartphone tersebut juga sama-sama mendukung untuk bisa terhubung dengan jaringan LTE dan mendukung kemampuan dual SIM.

Wileyfox Storm dan Wileyfox Swift | Photo: Wileyfox.com

Storm ditawarkan dengan harga £199 atau setara dengan Rp.4,3 jutaan, sedangkan model Swift ditawarkan dengan harga £129 atau setara dengan Rp. 2,8 jutaan untuk tiap unitnya. Harga tersebut mengacu pada kurs £1 = Rp. 21,800. Sayangnya, untuk saat ini keduanya baru tersedia untuk pengguna di kawasan Inggris.

Sumber: ZDNet | Gambar Header: Wileyfox.