Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

WildRift Makin Mengglobal, Valorant Challengers Indonesia, dan Infor Turnamen PCMA dari UniPin

10 March 2021Wiku Baskoro

Serta ada pula informasi untuk pengembang game mobile dari SensorTower

Rangkuman informasi seputar game dan esports tengah minggu hadir kembali membawa informasi dari dua game yang sedang naik daun, yaitu WildRift dan Valorant.

Wild Rift Makin Tersedia Luas

WildRift

Pengguna Indonesia sudah bisa memainkan game LoL: Wild Rift bahkan update terakhir juga sudah bisa dinikmati, termasuk spectator mode. Game ini akan semakin tersedia untuk pengguna global karena Riot Games akan merilis game ini di North and South America pada 29 Maret nanti untuk Android dan iOS. Meski nanti rilisnya masih open beta namun ini memberikan angin segar, terutama untuk organisasi esports global (baca: AS).

Wild Rift sendiri salah satu game moba untuk perangkat mobile yang cukup dinantikan ranah esports-nya. Belum ada turnamen sebesar LoL memang, tetapi Riot Games sudah mulai memberikan pemanasan untuk esports dengan mengadakan Icon Series dengan menghadirkan beberapa tim esports ternama di Asia. Menarik tentunya kalau sampai organisasi esports LoL di AS yang akan merilis rooster untuk MOBA mobile ini.

Valorant Challengers Indonesia Bersiap Masuk Babak Final Qualifier 3

valorant

Setelah melewati berbagai pertandingan babak final quailifer 1 dan 2, turnamen resmi di bawah Riot Games untuk Valorant di Indonesia, Valorant Challengers Series akan bersiap untuk masuk babak final qualifier 3 yang akan diadakan tanggal 12 – 14 Maret alias akhir minggu ini.

Qualifier 2 telah menjadikan NXL Ligagame sebagai juaranya dan berhak menjadi wakil Indonesia pertama untuk turnamen Valorant SEA Masters 01. Sedangkan 3 tim juara lain babak final qualifier 2 yaitu Boom Esports. XCN dan Alter Ego akan bertanding lagi dengan para finalis dari babak open qualifier 3.

Valorant menjadi salah satu angin segar untuk game FPS di Indonesia, kehadirannya cukup membangkitkan gelora para peminat game FPS yang sebelumnya sempat berjaya di Indonesia lewat CS:GO dan Point Blank atau RainbowSix yang juga sempat dipopulerkan oleh Hybrid dengan menggelar turnamen komunitas secara rutin. Dengan ekosistem yang masih baru, Valorant tentunya menjadi game FPS yang cukup menarik diamati untuk geliat esports-nya.

Turnamen UniPin PUBG Mobile Cyber Arena 2021 Digelar Sampai 21 Maret 2021

PCMA

TUrnamen peremuan untuk game PUBGM yang diadakan oleh UniPin telah resmi dibuka sejak tanggal 8 Maret 2021 dan akan diselenggarakan sampai dengan tanggal 21 Maret 2021. PUBG Mobile Cyber Arena (PCMA) 2021 akan diadakan secara online dan diikuti oleh tim amatir dan profesional seperti Aerowolf Zoo, Onic GLory, Belletron Ace dan Luna Nera.

Turnamen akan dibagi menjadi babak qualifier 1 pada tanggal 8-9 Maret, lalu qualifier 2 10 Maret, semifinal Qualifier 11 Maret dan akhirnya masuk babak semifinal 15 Maret dan grandfinal sendiri akan diadakan pada tanggal 20-21 Maret 2021. Acara akan disiarkan via live stream di kanal Youtube UniPin Gaming Update.

Sensor Tower Perkenalkan Game Intelligence

Layanan analytic SensorTower belum lama ini mengenalkan Game Intellegence, sebuah perangkat analisis pasar yang masuk dalam produk Store Intelligence buatan mereka. Secara mendasar tools ini memungkinkan pengguna layanan SensorTower untuk melihat data dari toko aplikasi dan memungkinkan mereka untuk menganalisis berbagai data yang dibutuhkan pengembang game mobile.

Pengguna SensorTower bisa mengumpulkan data unduhan dan revenue, membandingkan data berdasarkan negara atau mengumpulkan data berdasarkan genre bahkan brand yang lebih spesifik seperti judul game. Layanan ini tentunya akan berguna bagi para pengembang aplikasi game mobile yang membutuhkan data tambahan untuk menjalankan analisis pasar bagi perusahaan mereka.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV