Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Indonesia Runner-Up Wild Rift Pentaboom Showdown dan Rencana Esports Wild Rift Tingkat Universitas

14 December 2020Akbar Priono

JessNoLimit dan kawan-kawan jadi runner-up Wild Rift Pentaboom Showdown. Riot Games juga umumkan turnamen Wild Rift tingkat universitas di Indonesia.

Walaupun sudah jelang memasuki masa liburan, namun ekosistem esports terbilang masih berjalan dengan cukup aktif. Ada beberapa turnamen hadir dan juga beberapa pengumuman menarik sebagai rencana dari beberapa pihak terhadap ekosistem esports untuk tahun 2021 nanti. Berikut rekap berita esports tanggal 6-14 Desember 2020.

Wild Rift Pentaboom Usai, Indonesia Jadi Runner-Up

Pertandingan Wild Rift SEA Pentaboom telah berakhir tanggal 13 Desember 2020 kemarin. Tim Inspire yang merupakan perwakilan Indonesia berhasil dapatkan peringkat runner-up dalam pertandingan Wild Rift antar selebritas gaming tersebut. Tim Indonesia diwakili oleh JessNoLimit, DylandPros, Gogogoy, VYgaming, dan Cindy Gulla. Indonesia tumbang di babak final oleh Tim Volley yang merupakan perwakilan asal Vietnam dengan skor 3-0.

PUBG Mobile Campus Championship Dimenangkan Oleh Universitas Sam Ratulangi

Babak final PMCC juga diadakan pada tanggal 13 Desember 2020 kemarin. Universitas Sam Ratulangi keluar sebagai juara dengan persaingan poin yang sangat sengit dengan Universitas Kristen Petra. Universitas Sam Ratulangi sendiri berhasil menjadi juara dengan perolehan poin sebesar 117. Sementara pada sisi lain, Universitas Kristen Petra menempel tipis di belakangnya dengan 116 poin dan berhasil menjadi runner-up.

PUBG Mobile Global Championship 2020 Super Weekend 3

Pertandingan PMGC 2020 telah memasuki Super Weekend 3. Perwakilan Indonesia yaitu Bigetron RA sayangnya harus puas berada di peringkat 4 dengan perolehan 134 poin di akhir Super Weekend 3. Pekan ini Bigetron RA benar-benar tidak mendapatkan Chicken Dinner sama sekali, walau memang masih bisa konsisten di 5 besar. Konina Power asal region CIS sedang on-fire pekan ini sehingga mereka menjadi pemuncak Super Weekend 3 dengan skor 152 poin. Walau demikian Bigetron RA masih jadi pemuncak klasemen keseluruhan dengan total poin sebesar 476.

Turnamen Wild Rift Tingkat Universitas Segera Tiba di Indonesia

Sumber: Riot Games Official
Sumber: Riot Games Official

Mengutip dari rilis, kompetisi antar perguruan tinggi sendiri akan hadir pada tahun 2021 mendatang di berbagai penjuru Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Nantinya, ONE Up akan menjadi operator liga Wild Rift tingkat universitas di Indonesia. Chris Tran selaku Head of Esports Riot Games Asia Tenggara mengatakan bahwa fokus Riot Games di tahun 2021 adalah untuk membangun fondasi yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan esports Wild Rift di Asia tenggara yang berkepanjangan. Melihat pendapat tersebut, tidak heran kompetisi antar perguruan tinggi menjadi turnamen yang didahulukan oleh sang pengembang League of Legends tersebut.

Andika Rama Juara GT World Challenge Kelas Sim-Pro

Sumber: GT Sim Official
Sumber: GT Sim Official

Seri balap simuliasi GT World Challenge Asia akhirnya usai pada tanggal 8 Desember 2020 lalu. Sim Racer asal Indonesia yaitu Andika Rama akhirnya berhasil menjadi juara setelah kurang lebih 2 bulan seri balapan berlangsung. Andika Rama memang sudah memimpin klasemen sementara dengan 22 poin lebih banyak di banding kontestannya sebelum balap di sirkuit Suzuka. Walau demikian, Rama tetap melakukan balapannya dengan maksimal bahkan sempat hampir mengalami tabrakan pada balap seri terakhir di sirkuit Suzuka. Walaupun finish di posisi 6 di sirkuit Suzuka, Andika Rama tetap menjadi juara berdasarkan dari poin yang ia peroleh.

MotoGP Esports Indonesia Series Akan Hadir Tahun 2021 Mendatang

Sumber: MotoGP Esports Official
Sumber: MotoGP Esports Official

Mengutip dari laman resmi, MotoGP Esports Indonesian Series dikabarkan akan hadir 2021 mendatang dengan MP1 sebagai rekannya di Indonesia. MP1 nantinya akan bekerja sama dengan Dorna Sports selaku salah satu promotor dari MotoGP Esports series. Masih dari laman resmi MotoGP Esports, kerja sama antara Dorna Sports dengan MP1 dikabarkan akan berjalan selama 4 tahun untuk gelaran MotoGP Esports Indonesia Series.

League of Legends Menangkan Beberapa Kategori di The Game Awards 2020

The Game Awards dilaksanakan tanggal 10 Desmber 2020 kemarin. Beberapa aspek dari ekosistem League of Legends berhasil mendapatkan penghargaan yang memiliki banyak kategori tersebut. Sosok dari ekosistem League of Legends yang berhasil menjadi pemenang awards sendiri adalah Heo Su “Showmaker” yang memenangkan kategori Best Esports Athlete dan Eefje Depoortere “Sjokz” yang memenangkan kategori Best Esports Host. Selain itu, League of Legends dan Worlds 2020 sendiri berhasil memenangkan kategori Best Esports Event dan Best Esports Game.

BOOM Esports Umumkan Sosok Pelatih Divisi Wild Rift

Lewat sebuah video yang terbit tanggal 6 Desember 2020 lalu, BOOM Esports umumkan sosok Leonard “OMO” sebagai pelatih divisi Wild Rift. Nama Leonard OMO sudah cukup malang melintang di dunia kompetitif League of Legends sejak lama. Terakhir kali dirinya menjabat sebagai pelatih tim Resurgence yang berlaga di liga LoL Asia Pasifik (PCS). Sosok OMO juga pernah menjadi pelatih untuk beberapa tim, termasuk salah satunya adalah tim Gravitas yang berlaga di liga LoL kawasan Oseania.

Clash Royale League Musim 2021 Diumumkan Oleh Supercell

Rekap Berita Esports Desember #3

Salah satu perubahan terbesar dari pengumuman tersebut adalah perubahan format kompetisi dari sebelumnya adalah kompetisi tim menjadi kompetisi individual. Format kompetisi juga kembali menjadi turnamen terbuka, setelah sebelumnya dijalankan dalam bentuk turnamen franchise. CRL World Finals yang jadi gelaran puncaknya akan mempertandingkan 32 pemain untuk memperebutkan total hadiah sebesar US$1 juta.

Razer Komitmen Untuk Sokong Kelancaran Cabang Esports SEA Games 2021.

Sumber: Razer Official
Sumber: Razer Official

Mengutip dari Esports Insider, Razer dikatakan masih sedang berusaha untuk menjadi bagian dari cabang esports SEA Games 2021. Razer sendiri merupakan salah satu sponsor utama di dalam cabang esports SEA Games 2019 lalu. Jelang tahun 2021, Razer berkomitmen untuk dapat kembali menjadi bagian dari kompetisi tersebut dengan menyelenggarakan beberapa inisiatif. Bentuk inisiatif tersebut adalah dukungan ataupun kesempatan untuk berlatih bagi para atlet esports, terutama yang berasal dari negara Vietnam yang merupakan tuan rumah SEA Games 2021.