Wikimedia Foundation Tak Lagi Menerima Donasi Mata Uang Kripto

Tahun lalu, Wikimedia (WMF) menerima donasi sebesar US$130 ribu dalam bentuk mata uang kripto.

Wikimedia Foundation (WMF), organisasi yang berada di balik Wikipedia, baru saja mengumumkan jika mereka tidak lagi menerima donasi dalam bentuk mata uang kripto. Anda bisa membaca diskusi panjangnya langsung di tautan ini.

WMF mengatakan, "Wikimedia Foundation telah memutuskan untuk berhenti menerima donasi dalam bentuk mata uang kripto. Kami mulai menerima donasi mata uang kripto di tahun 2014 berdasarkan permintaan dari komunitas para relawan dan donor. Kami juga membuat keputusan kali ini karena masukan dari komunitas yang sama. Spesifiknya, kami akan menutup akun Bitpay kami, yang akan menghilangkan akses kami menerima donasi dalam bentuk mata uang kripto."

Setelah diskusi panjang di antara 400 komunitas WMF, mayoritas memutuskan untuk menutup donasi dari kripto -- dengan hasil voting 234 anggota yang setuju penghapusan donasi kripto.

Beberapa argumentasi yang muncul adalah perihal dampak Bitcoin ke lingkungan hidup, resiko dari penipuan, dan juga kecilnya donasi kripto yang diterima WMF jika dibanding dengan bentuk donasi lainnya.

WMF mengatakan jika mereka mendapatkan donasi sebesar US$130 ribu dalam bentuk kripto di 2021. Angka tersebut hanyalah 0,08% dari total kontribusi yang diterima WMF. Pasca voting dari komunitas tadi, WMF pun menggelar diskusi internal yang berujung pada penutupan donasi dalam bentuk kripto.

Molly White, salah seorang editor di Wikipedia dan kreator "Web3 is Going Just Great", adalah orang yang mengusulkan ke WMF untuk menghentikan donasi dari kripto di bulan Januari lalu.

Ia pun sempat memberikan komentarnya kepada The Verge, "Saya sangat senang karena WMF mengimplementasikan permintaan dari komunitasnya dan saya sangat bangga dengan komunitas atas terciptanya keputusan yang etis setelah proses diskusi yang penuh pertimbangan. Saat ini masih terlalu banyak isu dengan kripto dan minimnya potensi pendapatan donasi untuk membuatnya dapat dilegitimasi."