24 October 2017

by Bambang Winarso

WhatsApp Sedang Uji Fitur Panggilan Suara dan Video untuk Obrolan Grup

Fitur panggilan suara diyakini bakal hadir lebih dulu sebelum panggilan video

Dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 1 miliar, WhatsApp sedang mencari cara untuk menghubungkan semua dalam satu platform yang lebih lengkap. Aplikasi milik Facebook itu dikabarkan sedang menguji fitur tambahan untuk grup yang memungkinkan pengguna di dalamnya melakukan panggilan suara dan video.

Kendati keduanya disebutkan sedang dalam pengujian, namun fitur panggilan suara kemungkinan besar bakal hadir lebih dulu ketimbang panggilan video. Menurut lansiran sumber, ada banyak referensi yang menyebutkan soal fitur panggilan suara, tapi hanya ada satu referensi yang menyinggung soal panggilan video. Tetapi bagaimanapun juga, kedua fitur ini sudah menjadi fitur standar di hampir semua aplikasi pesan instan. Jadi, tak mengherankan jika WhatsApp menginginkan keduanya tetap hadir di dalam platformnya, tak peduli fitur mana yang lebih dulu meluncur.

Dikutip dari WABentaInfo via AndroidHeadlines, sejumlah laporan menyebutkan adanya fitur baru tersebut di WhatsApp. WhatsApp v2.17.70 beta untuk iPhone telah mendapatkan pembaruan kode yang berhubungan dengan panggilan grup.

WABetaInfo juga menambahkan bahwa referensi yang mereka temukan sangat solid, tapi saat ini belum dapat dijumpai oleh pengguna. Selain fitur panggilan suara dan video yang terendus di iPhone, muncul juga bocoran sejumlah pembaruan untuk WhatsApp Android, antara lain ukuran file yang lebih kecil dan fitur pemberitahuan ke teman ketika nomor Anda berubah.

Fitur lainnya yang diyakin sedang dalam godokan di dapur kerja WhatsApp termasuk fitur Unsend yang disebutkan oleh WABetaInfo bakal digulirkan dengan nama “Delete for Everyone”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menarik kembali pesan yang sudah dikirimkan, mencakup pesan, foto, gif, video, dokumen, pesan kutipan dan bahkan jawaban pengguna di Status teman.

Gambar header ilustrasi panggilan suara WhatsApp via Pixabay.