30 January 2017

by Bambang Winarso

WhatsApp Beta Terbaru Dapatkan Fitur Berbagi Lokasi Secara Live

Fitur ini memungkinkan pengguna membagikan lokasi dan pergerakannya secara live

Saat lokasi terkini seorang teman sangat penting untuk diketahui, saat itu pula Anda akan berpikir iPhone lah perangkat paling berguna. Pasalnya, iMessage yang hanya ada di iPhone menawarkan informasi lokasi seseorang secara real-time dan cukup akurat. Di situasi tertentu, informasi semacam ini menjadi sangat penting, misalnya ketika Anda terlambat menghadiri rapat dan semua orang menunggu info dari Anda, fitur lokasi real-time akan sangat membantu.

Hal ini yang coba dilakukan oleh tim di balik WhatsApp. Menurut laporan, WhatsApp beta terbaru kini sedang menggodok fitur berbagi lokasi secara live, di mana pengguna di dalam grup dapat mengetahui titik lokasi tepat seseorang, seberapa jauh ia dari tempat yang sudah ditetapkan untuk bertemu.

Dalam screenshot yang bocor, fitur berbagi lokasi secara live ini bakal dihadirkan untuk iOS dan juga Android. Bekerja secara terus menerus – meski setingan awalnya dalam kondisi mati, tetapi jika diaktifkan fitur akan mengirimkan titik terakhir pengguna ke anggota percakapan grup. Dengan informasi ini, anggota grup tidak lagi bertanya-tanya di mana lokasi Anda, seberapa jauh dan kapan kira-kira sampai ke tempat berkumpul.

Saat ini WhatsApp sudah mempunyai fitur berbagi lokasi yang memanfaatkan fitur GPS di perangkat masing-masing. Bedanya, fitur ini hanya membagikan lokasi terkini tanpa memberikan rincian pergerakan secara berkala. Artinya, jika Anda dalam posisi bergerak, fitur ini menjadi tidak berguna secara optimal.

Mengingat fitur masih dalam fase beta, kemungkinan besar kita baru akan menjumpai versi finalnya beberapa bulan ke depan.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header Pixabay.