Gadget News
for SEO
Gadget News

Whatsapp Bakal Bisa Digunakan pada 2 Smartphone, Kodenya sudah Tertulis pada Aplikasinya

10 May 2022Dimas Galih W.

Akhirnya setelah ditunggu lama, Whatsapp bakal bisa digunakan pada 2 perangkat smartphone atau tablet. Kodenya sendiri sudah ada pada aplikasi Beta-nya

Pengguna Whatsapp saat ini tentu sudah senang dengan hadirnya fitur multidevice. Fitur ini sendiri membuat para pengguna bisa berkomunikasi dengan Whatsapp pada beberapa perangkat seperti dengan browser web maupun aplikasi desktop. Akan tetapi, satu hal yang membuat aplikasi chatting ini masih kalah dengan pesaingnya, seperti Telegram, adalah kemampuannya untuk digunakan pada lebih dari 1 smartphone. Namun, hal tersebut sepertinya bakal berubah sebentar lagi.

WABetaInfo baru-baru ini memberitahukan bahwa saat ini Whatsapp sedang mempersiapkan sebuah fitur yang akan berguna bagi mereka yang memiliki 2 perangkat smartphone. Fitur bernama Companion ternyata sudah tertulis dalam kode dari Whatsapp Beta dengan versi 2.22.10.13. Whatsapp sendiri juga sedang membuat bagian dari aplikasinya untuk menampilkan fitur yang satu ini.

Untuk membuat smartphone lain untuk dapat menggunakan Whatsapp, selain dari yang sudah ada pada web maupun desktop, pengguna harus mendaftarkan perangkat tersebut terlebih dahulu. Nantinya akan ada bagian di mana pengguna bisa mendaftarkan smartphone ke 2 untuk menggunakan Whatsapp dengan nomor yang sama. Namun pada gambar yang disediakan oleh WABetaInfo, sepertinya fitur ini belum sepenuhnya selesai dikerjakan.

Sepertinya, pendaftaran untuk smartphone ke 2 akan mirip dengan pendaftaran untuk multi device yang ada saat ini. Keduanya sama-sama menggunakan kode QR untuk menyambungkan. WABetaInfo juga mengatakan bahwa kemungkinan tablet Android yang saat ini tidak didukung oleh Whatsapp bakal bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan menggunakan fitur baru ini. Jadi, Anda bisa menggunakan 2 smartphone atau 1 smartphone dengan 1 tablet.

Melihat dari halaman lain pada WABetaInfo, sepertinya kelemahan yang ada pada multi device yang saat ini banyak dikeluhkan oleh penggunanya adalah pengunduhan pesan. Seperti yang kita ketahui jika menggunakan Whatsapp pada versi web atau aplikasi desktop, hal pertama yang muncul adalah layar untuk download pesan yang ada. Aktivitas download ini sendiri akan cukup memakan waktu yang lama, bahkan pada koneksi yang kencang sekali pun. Dan hal ini nantinya juga bakal muncul jika kita menggunakan perangkat companion tersebut.

Sayangnya, belum ada kepastian kapan fitur ini akan diluncurkan. Tentunya hal ini cukup menggembirakan mengingat ada banyak pengguna Whatsapp yang memiliki lebih dari 1 perangkat yang digunakan setiap hari. Dan yang pasti, Whatsapp juga sedang mengembangkan agar fitur ini nantinya bisa dirasakan oleh para pengguna iOS juga. Jadi, mari kita tunggu tanggal peluncuran untuk fitur yang satu ini.

Sumber dan gambar: WABetaInfo 1, 2, 3

Play video

27 June 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Ledger umumkan markteplace NFT. Berita lengkap ...

Others from #HybridTV