Klub Sepak Bola West Ham United Gelar Turnamen FIFA 19 di London Stadium

Turnamen ini terbuka bagi pemain PS4 maupun Xbox One, dan menawarkan hadiah total £25.000

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak tim-tim olahraga konvensional yang kini juga merambah ke dunia esports. Salah satu contoh yang paling terkenal adalah Paris Saint-Germain (PSG), klub bola asal Perancis yang kini membawahi tim Dota 2 asal Tiongkok, LGD. Beberapa tim lain seperti Manchester City (Inggris) dan Schalke 04 (Jerman) juga memiliki tim esports.

Kabar terbaru, salah satu tim sepak bola Inggris rupanya bukan hanya memiliki tim esports, tapi akan menggelar kompetisi esports sendiri. Tim tersebut adalah West Ham United, peserta Premier League yang bermarkas di London. Kompetisi ini digelar sebagai hasil kerja sama West Ham United dengan perusahaan investasi Basset & Gold.

Jadwal kompetisi Basset & Gold eSports Cup | Sumber: Basset & Gold

Turnamen yang bertajuk Basset & Gold eSports Cup ini mengusung game FIFA 19 yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu. West Ham United menerima pendaftaran kualifikasi online untuk empat grup peserta, terdiri dari dua grup untuk console PS4 dan dua grup untuk console Xbox One. Dua grup pertama akan bertanding pada tanggal 20 dan 21 Oktober 2018, sementara dua grup sisanya menyusul pada 4 November.

Kualifikasi online nantinya akan menghasilkan 16 tim terkuat untuk bertanding secara live di London Stadium, markas klub West Ham United, pada tanggal 18 November 2018. Total hadiah yang diperebutkan mencapai 25.000 Pound sterling, atau setara 49,8 juta rupiah. Juara 1 sendiri akan membawa pulang 10.000 Pound sterling.

Hadiah kompetisi Basset & Gold eSports Cup | Sumber: Basset & Gold

Commercial and Digital Director West Ham United, Karim Virani, memberi pernyataan di situs resmi West Ham United bahwa klub ini adalah salah satu klub Premier League pertama yang terjun ke dunia esports. Bahkan tim ini merupakan tim Inggris pertama yang merekrut pemain esports profesional di tahun 2016. “London Stadium adalah, tentu saja, tempat untuk melihat sebagian pemain-pemain sepak bola terbaik di Premier League, dan kami berharap dapat menyambut para pemain terbaik FIFA 19 dari seluruh Inggris Raya,” tandasnya.

Sayangnya pendaftaran hanya dibuka untuk pemain yang berdomisili di Inggris Raya. Akan tetapi West Ham United termasuk cukup aktif mengadakan streaming di Twitch. Jadi tidak menutup kemungkinan kita juga bisa menikmati tontonan Basset & Gold eSports Cup dari negara-negara lain nantinya.

Sumber: West Ham United.