Dark
Light

WeChat Fokus Tingkatkan User Experience dan Perbanyak Konten Lokal di Tahun 2015

1 min read
December 2, 2014

Layanan instant messaging populer asal Tiongkok WeChat hari ini mengumumkan dua fitur terbarunya, yaitu Sight dan Mojime. Fitur ini sudah tersedia di WeChat versi 6.0, baik untuk platform iOS maupun Android. Di tahun 2015, WeChat akan fokus untuk memaksimalkan hubungannya dengan MNC dalam menambah konten lokal dan meningkatkan pengalaman penggunanya,

Pada pembaruan sebelumnya, WeChat sudah menambahkan fitur group chatdengan password yang memungkinkan pengguna untuk memproteksi Group Chat mereka dengan password  empat digit untuk keamanannya. Kali ini WeChat fokus untuk memberikan pengalaman berbeda untuk penggunaan fitur-fitur mereka.

Pengguna bisa menggunakan fitur Sight untuk menyisipkan video singkat yang berdurasi 6 detik dan mengirimkannya langsung ke dalam chat atau momentpengguna. Fitur Mojime, di sisi lain, dapat dimanfaatkan konsumennya untuk memadukan foto wajah mereka ke dalam karakter stiker. Menariknya semua stiker di Mojime adalah animasi bergerak.

Chief Marketing Officer PT MNC Tencent Andy Lau mengatakan, “Kami ingin memberikan experience lebih kepada pengguna WeChat atau yang belum menggunakan WeChat dengan adanya fitur-fitur terbaru, di mana (pengguna) bisa berkirim video dan bisa membuat stiker yang dapat dibagikan kepada teman atau lebih dari itu. Kami lebih mengutamakan kepada experience atau bagaimana pengguna kami merasakan kinerja kami atau keunggulan fitur-fitur kinerja kami. Dari situ semoga akan terjadi efek domino untuk menarik pengguna yang lain memakai WeChat.”

Walaupun kebijakan perusahaan tidak membolehkan untuk memberi pengumuman secara spesfifik terkait jumlah penggunanya, WeChat menyitir hasil riset Global Web Index (GWI) yang mengungkapkan bahwa aplikasinya adalah aplikasi dengan pertumbuhan pengguna terbesar di Indonesia sepanjang 2013-2014 dengan capaian kenaikan 895%.

Ketika disinggung mengenai fitur apalagi yang akan diluncurkan oleh WeChat  di penghunjung tahun 2014 ini, Andy mengungkapkan bahwa tim pengembangnya sedang mengembangkan beberapa fitur baru yang diharapkan dapat diluncurkan akhir tahun ini. Selain itu, WeChat juga memiliki konten lokal, berupa stiker-stiker artis, yang diluncurkan tiap dua minggu sekali.

Public Relation Dept.Head PT MNC Tencent Herwindra Sulistyobudi menjelaskan, “Setiap dua minggu sekali kita selalu meluncurkan konten lokal, yaitu stiker-stiker artis yang kita gunakan image-nya dan akan kita launchingterus sampai setahun ke depan. Itu dari sisi konten lokalnya. Kemudian dari sisi globalnya memang tim development kami sedang mempersiapkan fitur apalagi yang bisa disampaikan di penghunjung tahun 2014 ini.”

Untuk tahun 2015, Andy mengukapkan bahwa WeChat akan berusaha untuk memperbesar pasarnya dengan memaksimalkan hubungannya dengan MNC Group dan lebih fokus pada user experience. Seperti yang kita tahu, Tencent yang merupakan perusahaan induk WeChat sudah bermitra dengan MNC Group sejak awal tahun 2013.

Selain itu WeChat juga akan memberikan porsi konten lokal yang lebih banyak agar pengguna dapat lebih merasakan keunggulan WeChat. Untuk pasar permainan, WeChat yang sudah memiliki portal game sedang melakukan riset terlebih dahulu untuk merilis permainan seperti apa yang sesuai dengan pasar Indonesia.

[Foto: Dok. DailySocial]

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Adjie Priambada. 

Previous Story

Yuk Belajar Huruf Bali dengan Game Learning Akasara Bali

Next Story

Melalui Desain Baru, Smartphone Modular PuzzlePhone Coba Saingi Project Ara

Latest from Blog

Don't Miss

Luncurkan Snap Minis, Snapchat Makin Mirip dengan WeChat

Kehadiran platform Snap Games tahun lalu mengindikasikan ketertarikan Snapchat untuk

Strategi Tencent Menjadi Perusahaan Terbesar di Industri Game Dunia

Tencent kini menjadi publisher game terbesar di dunia. Padahal, game