22 July 2022

by Glenn Kaonang

Ajang Web3 Developer Bootcamp Siap Bekali Pengembang Tanah Air Sambut Revolusi Web3

Digelar di Jakarta pada 27-29 Juli, Web3 Developer Bootcamp akan menghadirkan beragam materi seputar blockchain, crypto, NFT, DeFi, smart contract, dan masih banyak lagi

Kalau Anda rutin mengikuti berita teknologi, Anda pasti pernah mendengar istilah Web3 dilontarkan dalam setahun terakhir ini. Sebagian dari kita mungkin tidak menyadarinya, namun semua perbincangan mengenai tren NFT maupun metaverse yang terjadi belakangan sejatinya berakar pada prinsip utama Web3, yakni ekosistem internet yang lebih terbuka, beroperasi secara otonom, dan dikelola secara terdesentralisasi.

Kalau melihat namanya, Web3 tentu hadir sebagai kelanjutan dari Web2 dan Web1. Dari perspektif yang paling sederhana, Web3 bisa dibilang menambahkan satu unsur yang amat penting yang absen pada Web2 maupun Web1, yakni unsur kepemilikan. Satu faktor pembeda ini memungkinkan siapapun untuk menjadi pemilik dan pengelola suatu aset digital pada ekosistem Web3 tanpa adanya intervensi dari pihak mana pun.

Untuk dapat mewujudkan kondisi tersebut, ekosistem internet Web3 perlu menerapkan adanya desentralisasi, dan itulah mengapa Web3 banyak melibatkan teknologi blockchain. Implementasi Web3 sendiri saat ini banyak diwakilkan oleh proyek-proyek turunan blockchain, seperti misalnya cryptocurrency, NFT (non-fungible token), DeFi (decentralized finance), maupun DAO (decentralized autonomous organization).

Ke depannya, Web3 diprediksi bakal terus bertumbuh hingga merealisasikan ekosistem internet yang tidak terbatas untuk semua. Tidak mengejutkan seandainya kemudian banyak yang ingin ikut punya andil dalam revolusi Web3 – bahkan raksasa internet seperti Instagram dan Facebook pun perlahan juga ikut beradaptasi mengikuti perubahan yang Web3 hadirkan.

Web3 memang bisa dibilang masih dalam tahap awal, akan tetapi sifat dasarnya yang progresif menuntut kalangan pengembang (developer) untuk bisa beradaptasi dengan cepat jika tidak ingin kehilangan momentum. Bagi developer yang tertarik mengenali dunia Web3 lebih dalam namun bingung harus memulai dari mana, ada penawaran menarik dari sister site kami, DailySocial.id.

Pada tanggal 27–29 Juli 2022, DailySocial.id akan menggelar eventWeb3 Developer Bootcamp di Jakarta. Sesuai namanya, acara ini digelar dengan tujuan untuk membekali kalangan developer tanah air yang ingin mengasah kemampuannya dan membangun di ekosistem Web3.

Mengangkat tema “Building Builder of the Future”, Web3 Developer Bootcamp akan membahas secara mendalam topik-topik seputar blockchain, crypto, DAO, NFT, DeFi, smart contract, dan masih banyak lagi. Selain menerima materi pembelajaran seputar pengembangan aplikasi Web3, partisipan juga bakal punya kesempatan untuk langsung mempraktikkan materi-materi yang dipelajarinya.

DailySocial.id telah mengundang beberapa sosok ahli di dunia Web3 untuk menyampaikan insight-nya di Web3 Developer Bootcamp. Empat keynote speaker yang akan hadir adalah Antonny Liem (Investment Partner, GDP Ventures), Intan Wibisono (Founder, Art Pop Up & Indonesia NFT Festiverse), On Lee (CEO & CTO, GDP Labs), dan Yohanes Adhi (CTO DailySocial.id). Selain itu, Web3 Developer Bootcamp juga akan menghadirkan sesi coaching dengan deretan trainer yang sudah terjun langsung dalam pembangunan ekosistem Web3.

Bagi developer yang tertarik, pendaftaran Web3 Developer Bootcamp masih dibuka sampai 23 Juli 2022 pukul 23.00 WIB. Anda bisa langsung membeli tiketnya di tautan berikut dengan harga Rp500.000 per orang.

Gambar header: Shubham Dhage via Unsplash.