Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Wallet Codes Bekerja Sama dengan AVGI untuk Mendukung Usaha Warnet di Masa Pandemi

16 July 2020Narendra Soejoedi

Rencananya Wallet Codes akan menjangkau usaha warnet di Indonesia melalui inisiatif B2B.

Di tengah situasi pandemi yang masih belum bisa dikendalikan, ternyata terjadi peningkatan di ekosistem gaming dan esports Indonesia. Usaha warnet atau yang dapat disebut juga sebagai iCafe adalah salah satu jenis usaha yang sekalipun sangat dekat dengan aktivitas gaming dan esports mengalami tantangan untuk dapat bertahan di waktu-waktu yang sulit ini.

Hari ini dengan disaksikan juga pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika, Wallet Codes bergandengan tangan dengan Asosiasi Video Games Indonesia (AVGI) dan mencoba menjangkau pemilik usaha warnet di Indonesia. Langkah ini diambil dalam rangka memberikan dukungan kepada industri esports Indonesia yang tengah berkembang.

Adapun Wallet Codes adalah salah satu produk dari Forest Interactive yang memungkinkan gamers membeli game voucher ataupun in-game item secara online. Sejak didirikan di tahun 2018, Wallet Codes mendapat respon yang baik dari komunitas gamers dan sudah dipercaya di lebih dari 6 negara di region Asia Tenggara. Jalinan kerja sama dengan game developer, membuat Wallet Codes memastikan setiap transaksi yang terjadi aman dan terjamin.

via: Wallet Code
via: Wallet Codes

Saat ini, memang Indonesia menjadi pasar yang sangat potesial bagi kegiatan gaming dan esports, di skala regional maupun global. Sejumlah data dapat menunjukkan bahwa di tingkat regional Indonesia menjadi skena esports yang tumbuh dengan cepat. Menurut data Newzoo di tahun 2015, Indonesia menempati posisi teratas dari segi populasi gamers dan tentu saja sudah berkembang lebih jauh lagi hingga sekarang.

Hanya saja pada kenyataannya, warnet sebagai tempat yang akrab dengan aktivitas gaming dan esports justru tidak dapat beroperasi sama sekali. Kebijakan PSBB yang diberlakukan secara luas, berdampak langsung pada pendapatan usaha warnet. Sampai saat ini masih belum ada regulasi dan inisiatif yang terukur dari pemerintah dalam menghadapi situasi pandemi, sekalipun sudah disosialisasikan protokol new normal dan relaksasi di beberapa tempat.

Turyana Ramlan selaku pemilik usaha warnet asal Blitar menyampaikan kegelisahannya, “pendapatan kami terjun bebas selama hampir tiga bulan tidak beroperasi.”

Sambil terus berinovasi dan beradaptasi, Wallet Codes merangkul dan membuka ruang kerja sama bagi pelaku usaha warnet melalui program B2B layanan pembelian game voucher dari Wallet Codes. Dengan adanya inisiatif ini, diharapkan usaha warnet dapat bertahan di tengah situasi yang cukup sulit secara bisnis.

via: Wallet Codes
via: Wallet Codes

Co-founder and Director Wallet Codes Indonesia, Sharon Maurenn mengatakan, “dukungan terhadap pelaku usaha warnet perlu diberikan karena mereka memegang peranan yang juga penting dalam ekosistem esports.”

Di waktu berlainan Wallet Codes juga sudah pernah aktif mendukung dan terlibat dengan komunitas gaming dan esports melalui Forest Interactive Gaming Habitat Team (FIGHT) dan mengadakan turnamen esports berskala komunitas. Wallet Codes juga menyatakan akan menjalin kerja sama dengan tim esports di Indonesia.